11 Noda dan Trik Membersihkannya

11 Noda dan Trik Membersihkannya

Pakaian kesayangan terkena noda ? Jangan cemberut dulu Fresher noda yang menempel tidak akan membandel jika anda tidak panik dan bisa melakukan langkah awal untuk mengatasinya.

Ya! Noda yang menempel di pakaian akan lebih mudah dibersihkan jika pada saat awal pakaian terkena noda anda bertindak cepat untuk memberikan penanganan awal. Ingin tahu tips n trik awal untuk pakaian yang terkena noda ? Simak informasinya berikut ini yuk.

1. Es Krim
Es krim yang manis dan lembut jatuh di pakaian anda ? Jangan panik! Langsung atasi dengan menggunakan air dingin. Caranya dgosok noda es krim dengan spons lembut yang sudah di basahi oleh air. Gosok perlahan sehingga tidak tersisa bekas es krim. Anda juga bisa menggunakan kucuran air dingin untuk melarutkan sisa es krim. Setelah itu cuci seperti biasa dengan air dingin jika menggunakan mesin cuci maka pilihlah siklus dingin.

2. Jus Buah
Sedang asyik menikmati jus buah tiba-tiba air jus tumpah dan mengotori pakaian anda? Jangan panik! Rendam bagian pakaian yang terkena tumpahan jus dengan air dingin. Jika masih terdapat sisa noda jus di pakaian maka gunakan sabun batangan untuk membersihkannya. Gosokkan sabun batangan ke permukaan noda kemudian cuci seperti biasa. Jika pakaian anda berwarna putih maka anda bisa menggunakan pemutih dengan menggunakan air hangat.

3. Cokelat
Coklat memang bisa mengalihkan dunia anda. Tetapi awas jangan sampai anda tidak sadar jika pakaian kesayangan terkena noda cokelat. Saat anda mengetahui ada noda karena cokelat ada di pakaian, sebisa mungkin anda kikis dulu serpihan cokelat yang masih menempel. Kemudian rendam pakaian dalam air hangat yang sudah dicampur detergen untuk menghilangkan cokelat yang masih menempel di serat kain. Kemudian cuci pakaian seperti biasa dengan suhu normal.

4. Minyak
Sibuk masak tiba-tiba pakaian terkena cipratan minyak ? Jangan panik! Lakukan langkah awal untuk menyerap sisa minyak dengan tisu. Kemudian oleskan dengan cairan detergen atau detergen cair dan biarkan 10-20 menit dan bilas dengan air.

5. Lilin
Setelah menyalakan lilin ternyata lelehannya mengenai taplak meja anda? Jangan panik! keroklah dengan benda tumpul. Setelah tinggal sisa-sisanya, ambil kertas yang menyerap minyak. Taruh kertas itu di atas noda lilin lalu setrika dengan setrika panas sampai lilinnya mencair dan menyerap pada kertas tersebut.

6. Deodorant/Antiperspirant
Untuk anda yang menggunakan deodorant pasti menyadari lama kelamaan pakaian anda akan kotor terkena bekasnya. Jangan panik! Anda bisa membersihkannya dengan merendamnya di cuka putih selama 30 menit kemudian cuci pakaian dengan air hangat plus detergen.

7. Tinta
Noda tinta biasanya menempel di bagian saku pakaian anda dan akan sulit untuk membersihkannya. Tapi jangan panik! Lakukan langkah awal dengan menggosokan alkohol plus sedikit detergen ke bagaian pakaian yang terkena noda tinta. Lakukan secara berulang sampai noda memudar kemudian cuci seperti biasa.

8. Minuman Berwarna
Minuman berwarna memang beragam jenisnya mulai dari sirup sampai minuman bersoda. Tetapi anda bisa melakukan langkah awal dengan menggosokan garam ke pakaian yang terkena noda kemudian bilas dengan air dingin. Lakukan berulang kali sehingga noda luntur kemudian cuci seperti biasa.

9. Saos Tomat
Menyantap saos dengan makanan yang nikmat memang sedap. Tetapi bagaimana jika saos menempel di pakaian anda ? Jangan panik! Ketika pakaian terkena saus tomat, segera bersihkan dengan air hangat dengan teknik mengusap. Kemudian segera pergi ke wastafel, balik pakaian yang terkena saos dan siram dengan air. Hal ini akan membuat nodanya tidak terlalu lama menempel di serat pakaian Anda juga bisa mengoleskan noda dengan lemon. Kemudian dengan deterjen dan air dingin, cuci pakaian dan keringkan di bawah sinar matahari.

10. Kuah Santan
Siapa penyuka makanan bersantan ? Santan tidak hanya sulit dibersihkan di piring tetapi juga buat bingung jika mengotori pakaian. Tetapi jangan panik! oleskan jus lemon pada noda, diamkan semalaman dan cuci pakaian seperti biasa. Atau, anda juga bisa melapisi bagaian pakaian yang terkena kuah santan atau kari dengan pasta gigi yang dibiarkan selama beberapa jam sebelum dibilas dan dicuci seperti biasa.

11. Kecap
Kecap hitam mengotori pakaian anda ? Jangan panik! Tambahkan deterjen pada air hangat dan rendam pakaian yang terkena noda kecap selama 30 menit. Jika noda kecap masih membandel setelah direndam, gunakan semprotan penghilang noda sebelum dicuci seperti biasa.

Itu tadi semoga bermanfaat dan selamat mencoba jika pakaian anda terkena salah satu noda di atas ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme