Franchise Bukan Sekedar Investasi

Selama ini masih terjadi bias dalam pemikiran kalangan wirausaha pemula di Indonesia, antara bisnis franchise dan investasi. Kebanyakan orang beranggapan bahwa membeli franchise semata-mata hanya menginvestasikan uang dan langsung memperoleh keuntungan dari investasi tersebut. Padahal kedua konsep tersebut memiliki perbedaan yang mendasar.

Ketika Anda membeli sebuah paket franchise, maka secara tidak langsung Anda harus bertindak sebagai seorang entrepreneur dimana Anda turut serta membangun dan mengembangkan bisnis tersebut. Seorang entrepreneur harus memiliki keberanian untuk memulai, kekuatan mental untuk jatuh bangun dalam membangun bisnis, tekad yang luar biasa untuk maju, kejelian menangkap peluang dan menerjemahkan peluang tersebut menjadi sumber uang, kemampuan untuk mengelola karyawan serta kesediaan untuk selalu melayani pelanggan.

Sementara di sisi lain, seorang investor lebih banyak berkonsentrasi pada cara memperoleh tingkat pengembalian yang optimal dari modal yang ditanamkan. Seorang investor tidak perlu mengembangkan pasar, tidak perlu memikirkan kepuasan kepuasan pelanggan, cukup kejelian menangkap peluang dan keberanian untuk mengambil peluang dengan tingkat resiko yang diperhitungkan.

Kebanyakan orang yang hendak mengambil suatu paket franchise biasanya memiliki mindset sebagai seorang investor dimana calon franchise beranggapan bahwa ketika membeli sebuah paket franchise, mereka tidak perlu terlibat aktif dalam kegiatan operasional bisnis sehari-hari dan hanya tinggal menerima keuntungannya saja. Padahal dalam mengelola sebuah bisnis franchise, peran aktif dari franchisee mutlak diperlukan. Tanpa adanya peran aktif dari franchisee maka bisnis franchise tidak akan berjalan dengan baik, sekalipun franchisor telah memberikan berbagai fasilitas dan dukungan bagi franchisee. Hal inilah yang menjadi sumber kegagalan dari bisnis franchise yang dijalankan dalam banyak kasus.

Untuk menjalankan sebuah bisnis franchise diperlukan mental entrepreneurship. Bagi Anda yang ingin memulai menjadi entrepreneur, franchise memberikan banyak kemudahan dan keuntungan bagi Anda karena Anda tidak perlu lagi merintis bisnis dari nol karena Anda hanya tinggal menjalankan SOP yang sudah ditetapkan oleh franchisor dan Anda akan mendapatkan berbagai fasilitas dan dukungan dari franchisor dalam menjalankan bisnis Anda.

9 COMMENTS
  1. Adi Setyo / 30 Jun, 2015 -

    Yth team simply fresh

    Saya tertarik membuka laundry untuk kota Bogor.
    Mohon dikirimkan tata cara mengikuti franchise simply fresh ini.

    Salam

    Adi setyo

  2. josua sebayang / 10 Jul, 2015 -

    saya tertarik utk membuka laundry di kota kupang.
    mohon bisa diberikan lebih detail info mengenai franchise simply fresh laundry/
    terima kasih

  3. Marketing Franchise / 11 Jul, 2015 -

    Terimakasih atas atensinya.Tim kami akan segera menghubungi Bapak untuk penjelasan lebih lanjut.

  4. ratih / 16 Jul, 2015 -

    Bgmn caranya utk franchise simply fresh jakarta

  5. Marketing Franchise / 22 Jul, 2015 -

    Terimakasih atas atensinya.Tim kami akan segera menghubungi Ibu untuk penjelasan lebih lanjut.

  6. Tomy / 26 Jul, 2015 -

    Yth Team Marketing Simply Fresh

    Saya ada plan buka Laundry di Medan, mohon di bantu ya
    Untuk tata cara gabung di franchise simply fresh.

    Salam,

    Tomy

  7. devi / 26 Jul, 2015 -

    Mohon info franchise simply fresh untuk lokasi di mataram

    Makasih

  8. Marketing Franchise / 27 Jul, 2015 -

    Terimakasih atas atensinya. Tim kami akan segera menghubungi Bapak untuk informasi lebih lanjut

  9. Marketing Franchise / 27 Jul, 2015 -

    Terimakasih atas atensinya. Tim kami akan segera menghubungi Ibu untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment