Don't wait for opportunity create it.

Parikan Jawa “ajining diri saka lathi, ajining raga saka busana, agama agemaning diri” patut menjadi pembuka cerita yang mengusung kejayaan batik. Menelisik lebih dalam kekuatan kalimat “ajining raga saka busana” merepresentasikan berharganya tubuh jika dilihat dari cara berbusananya. Busana akan mampu mencerminkan siapa pemakainya. Nah, ketika batik melekat pada tubuh seseorang, sesungguhnya kita dapat menguliti secara detail pesona-pesona batik melalui motifnya.

Berikut adalah beberapa analisis mengapa batik itu begitu memikat setiap kalangan bahkan memesona mata mancanegara hingga berhasil menjadi Masterpieces of the Oral and intangible Heritage of Humanity milik Indonesia.

1. Batik adalah warisan budaya Indonesia

Kendati sejarah hidup batik sudah begitu panjang, namun eksistensinya masih tetap terjaga. Berbagai pihak yang antusias melestarikan warisan kemanusiaan untuk budaya lisan dan non bendawi patut mendapat penghargaan dan apresiasi yang tinggi. Warisan yang begitu kental dengan historis yang menarik ini bahkan dapat menjadikan kota kelahirannya sebagai kota batik dunia, yaitu Yogyakarta sebagai kota batik dunia. Tak heran jika Yogya begitu istimewa.

Baca Juga : Tips dan Artikel Mengenai Batik (Lengkap)

2. Batik dapat dikenakan dalam setiap event

Alasan yang kedua adalah batik dapat dikenakan pada saat mengikuti event apa saja, bahkan dapat dijadikan pakaian yang casual ketika bersantaidi rumah. Batik seolah mampu menempatkan diri dengan baik. Ia diterima siapa saja dan dimana saja.

3. Batik menyimpan filosofi dan rahasia

Motif batik di Indonesia begitu beragam. Embrio keberadaannya memiliki filosofi dan rahasia masing-masing, seperti motif batik parang yang hanya boleh dipakai oleh kalangan raja saja pada zaman dahulu kala. Motif batik parang ini merepresentasikan sikap seorang raja yang berkesinambungan dan mengayomi rakyatnya. Banyak rahasia-rahasia lain yang dapat diulik dari satu buah motif batik Indonesia. Pantas jika Indonesia itu berbhineka.

4. Batik diracik melalui rangkaian cerita

Pembuatan selembar kain batik akan melalui alur cerita yang panjang mulai dari pembuatan pola motif hingga pewarnaan. setiap bagian fase pembuatannya merupakan racikan cinta dan semangat juara bangsa Indonesia untuk menjadi negara yang kaya akan budaya.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme