5 Hal Pendeteksi Kebohongan

5 Hal Pendeteksi Kebohongan

Salah satu hal yang bisa dilakukan manusia dalam hubungannya dengan sesama mungkin adalah berbohong. Sebagai orang yang dibohongi pasti perasaan kesal yang kita rasakan. Setuju kan Fresher?

Jika Fresher merasa diri anda mudah dibohongi maka mungkin informasi berikut sangat cocok untuk anda. Yak! Karena kali ini Mr.Fresh akan membahas tips untuk dapat mendeteksi kebohongan dari lawan bicara kita. Bagaimana caranya ? Yuk simak dulu 5 Hal Pendeteksi Kebohongan berikut:

1. Argumen
Jika anda merasakan bahwa lawan bicara anda sedang berbohong maka cobalah untuk beragumen dengannya. Biasanya pembohong akan kesulitan saat ditanyakan hal-hal mendetil dalam argumennya. Seperti deskripsi orang, tempat, tindakan peristiwa, dan waktu kejadian. Jika lawan bicara anda menghindari menceritakan mengenai hal detil tersebut maka anda harus waspada.

2. Ekspresi Wajah
Cobalah untuk membaca ekspresi wajah lawan bicara anda. Gerakan seperti mengangkat dagunya, atau menekan bibirnya ke dalam, tanda bahwa dirinya sedang menahan sesuatu. Pupil mata yang melebar juga bukti seseorang sedang berbohong.

3. Gerak tubuh
Tangkap gerakan tubuhnya yang seperti sedang merasa tidak nyaman. Tidak nyaman dengan duduknya, sering berubah posisi duduk, menggerakan tangan, dan lain-lain. Ketidaknyamanan tersebut adalah tanda kecemasan atau ketakutan jika ketahuan sedang berbohong.

4. Respon/Tanggapan
Perhatikan responnya saat mendengar tanggapan atau pertanyaan anda. Jika seseorang berbohong maka ia perlu memproses otaknya lebih keras untuk menciptakan sebuah argumen lain demi kesuksesannya dalam berbohong atau demi menutupi kebohongan yang sudah dia buat.

5. Merasa Tegang
Akibat ketegangan tersebut, seseorang yang sedang berbohong mengurangi kontak mata dengan lawan bicaranya. Ketegangan tersebut juga membuat intonasi dan frekuensi suaranya menjadi meningkat.

Nah, itu tadi beberapa hal mendasar yang bisa jadi merupakan indikasi seseorang sedang berbohong. Tetapi perlu diingat ya Fresher hal tersebut bukanlah sesuatu yang mutlak yang menunjukkan seseorang berbohong. Untuk mengetahui apakah seseorang berbohong atau tidak, dibutuhkan kemampuan yang lebih.

Tetapi tetap saja informasi tersebut cukup menarik untuk kita ketahui bukan. Nah, bagaimana menurut anda Fresher ?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme