Hari Yang Baik

Manfaat Matahari Pagi

Apalah jadinya bumi kita ini tanpa sinar matahari. Yak! Sinar matahari memiliki banyak manfaat bagi kehidupan di muka bumi termasuk juga bagi kita.

Cara terbaik untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari adalah sekitar pukul 6 pagi sampai 9 pagi dengan durasi sekitar 10-20 menit. Pada waktu-waktu tersebut sinar matahari belum memancarkan sinar radiasi UV sehingga aman tubuh.

Tidak hanya manfaat vitamin D yang akan diterima tubuh, masih ada segudang manfaat lainnya. Berikut Mr.Fresh akan rangkumkan informasinya untuk anda.

1. Vitamin D
Vitamin D adalah vitamin yang dapat diproduksi oleh tubuh kita sendiri. Fungsi dari sinar matahari adalah merangsang tubuh memproduksi vitamin D ini. Paparan sinar matahari pada wajah, leher, lengan, dan kaki selama 10-15 menit dapat menghasilkan 1.000 unit internasional (IU) sampai 3.000 IU. Hal ini tergantung pada jenis kulit dan kebutuhan vitamin D yang diperlukan oleh tubuh masing-masing dalam satu hari.
Vitamin D sangat berperan dalam pertumbuhan tulang dan gigi, meningkatkan penyerapan kalsium, membantu meningkatkan kemampuan sistem kekebalan tubuh. Vitamin D juga dapat memberikan perlindungan terhadap jenis kanker (seperti kanker paru-paru, prostat, dan kulit), osteoporosis, rakhitis, dan diabetes. Selain itu, vitamin D dapat membantu menurunkan kadar kolestrol darah sehingga membantu melawan penyakit jantung.

2. Membantu produksi serotonin dan endorfin
Dengan terpapar sinar matahari maka kita berpotensi jadi bebas stres dan berbahagia. Kenapa demikian? Karena paparan sinar matahari membantu meningkatkan produksi serotonin dan endorfin. Ini adalah hormon yang bertugas mengatur mood dan penurun stres. Anda akan mendapati suasana hati yang lebih positif dengan berjemur. Tingkat serotonin yang cukup tinggi dapat menghasilkan suasana hati yang lebih positif dan cara berpikir yang tenang dengan mental yang fokus. Sinar matahari juga dapat mengurangi gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin. Endorfin adalah suatu anti-depresan alami yang dimiliki tubuh dan sangat berguna dalam kasus-kasus depresi musiman.

3. Tidur jadi nyenyak
Sinar matahari juga dapat membantu tidur anda menjadi nyenyak lho Fresher. Hal ini dikarenakan paparan sinar matahari dapat membantu produksi melatonin dalam tubuh. Melatonin sangat dibutuhkan untuk kualitas tidur yang baik.

4. Memperlancar sirkulasi darah
Pancaran sinar matahari ke tubuh kita membantu untuk melebarkan pembuluh darah di kulit. Dengan begitu, nutrisi dan oksigen lebih banyak dibawa menuju sel-sel ketika pembuluh darah kapiler terbuka sehingga kesehatan pun menjadi lebih baik. Selain itu, jantung pun menjadi lebih sehat dengan menurunkan denyut nadi ketika beristirahat dan mengurangi tekanan darah.

5. Manfaat detoksifikasi tubuh
Fungsi hati anda akan semakin baik jika tubuh mendapatkan paparan sinar matahari. Dengan demikian hati anda dapat bekerja dengan lebih maksimal. Sinar matahari juga meningkatkan pengeliminasian racun juga meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun tereliminasi lebih efisien melalui darah.

Itu tadi beberapa manfaat dari sinar matahari pagi bagi tubuh. Ingat ya Fresher, waktu berjemur untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari adalah pukul 06.00 sampai 09.00 pagi. Jadi, yuk bangun lebih pagi untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari pagi 😉

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme