5 Tips Melatih Daya Ingat

5 Tips Melatih Daya Ingat

Sama halnya seperti daya tahan tubuh maka daya ingat manusia juga perlu dilatih agar tidak cepat mengalami penurunan fungsi.

Ya, seiring bertambahnya usia maka akan mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mengingat. Penurunan kemampuan seseorang dalam mengingat ini dipengaruhi oleh berbagai sebab, bisa jadi karena faktor usia dan juga bisa karena aktivitas sehari-hari yang mempengaruhi kinerja otak.

Tetapi daya ingat anda bisa dilatih untuk tetap mempertahankan fungsinya atau bahkan menambah kemampunannya. Yuk simak 5 Cara Melatih Daya Ingat berikut ini.

1. Miliki waktu tidur yang cukup
Tidur sangat membantu dalam menjaga kondisi otak anda. Dengan memiliki waktu tidur yang cukup maka anda telah membantu dalam meningkatkan serta menyegarkan kondisi otak anda. Sebuah penelitian di University of Lubeck Jerman menyebutkan dengan tidur otak akan merefresh dan menyimpan ingatan dengan baik. Tidur juga menjadi kunci dimana otak Anda memperkuat hubungan dengan saraf-saraf neuron yang ada.

2. Dengarkan musik klasik
Mendengarkan musik klasik sangat bermanfaat untuk melatih daya ingat. Sebuah penelitian di Finlandia pada tahun 2015 menyebutkan bahwa mendengarkan musik klasik dapat membantu meningkatkan kemampuan otak kita. Mendengarkan musik klasik dapat menambah aktifitas gen yang meliputi kemampuan otak kita untuk mengingat sesuatu. Salah satu musik klasik yang paling banyak disukai adalah karya dari Mozart.

3. Olahraga dengan rutin
Olahraga tidak hanya membantu kesehatan tubuh anda tetapi juga kesehatan otak anda. Dengan berolahraga anda membantu memperlancar aliran darah dan oksigen yang juga akan dialirkan ke otak. Hal ini tentu saja menyehatkan otak anda dan membantu memperbaiki kinerjanya.

4. Fokus
Salah satu cara melatih daya ingat adalah dengan fokus. Untuk itu anda bisa menenangkan diri dengan melakukan meditasi atau yoga. Hal tersebut bermanfaat untuk melatih mengontrol diri serta menenangkan dan menyegarkan pikiran kita. Beban pikiran yang terlalu berat bisa jadi pemicu menurunkan kemampuan otak dan daya ingat otak.

5. Berbahagialah
Berbahagia dan tertawalah, perasaan senang sangat bisa mempengaruhi kinerja otak anda. Stres dan perasaan lelah, gundah ataupun galau terbukti bisa memperburuk ingatan dan kinerja otak. Dengan memiliki pikiran yang bahagia dan fresh maka akan mengembalikan kemampuan mengingat dan berpikir yang lebih baik.

Selamat mencoba dan melatih kemampuan otak anda ya Fresher! 😉

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme