6 Tips Penyimpanan Sepatu

Mempunyai sepatu yang awet itu susah-susah gampang ya Fresher. Karena itu artinya anda harus menjaga kebersihan saat pemakaian dan juga harus telaten menyimpannya.

Nah, kali ini Mr.Fresh akan berikan beberapa tips yang harus anda lakukan saat menyimpan sepatu. Hal ini tentu saja agar sepatu Fresher selalu terlihat bersih dan tetap awet. Yuk cek dulu 4 Tips Perawatan Sepatu berikut:

1. Bersihkan dahulu
Sebelum menyimpan sepatu pastikan anda membersihkannya terlebih dahulu. Lebih baik lagi jika Fresher langsung membersihkan sepatu begitu selesai digunakan. Hal ini dapat mencegah noda atau kotoran tidak menempel di sepatu lebih lama sehingga lebih mudah dibersihkan. Ingat juga untuk mengangin-anginkan sepatu sebelum disimpan ditempatnya, apalagi jika anda memiliki tempat penyimpanan yang tertutup.

Untuk sepatu dari bahan kain atau kanvas anda bisa menyikatnya untuk menghilangkan debu. Jika ada kotoran seperti lumpur yang agak susah dibersihkan ada baiknya bagian yang kotor tersebut langsung dicuci menggunakan air dan sabun. Tetapi ingat untuk mengeringkannya terlebih dahulu sebelum disimpan ya.

Untuk sepatu dari bahan kulit anda bisa mengelapnya dengan kain lembut untuk menghilangkan kotoran atau menggunakan pembersih khusus sepatu kulit.

2. Pilih tempat penyimpanan yang pas
Sebaiknya anda memisahkan sepatu yang sering digunakan dengan sepatu yang jarang dipergunakan. Tempatkan sepatu yang sering dipergunakan di rak sepatu yang sirkulasi udaranya cukup baik. Biasanya sepatu yang sering digunakan rawan lembap akibat keringat. Dengan menyimpannya di rak terbuka, pergantian udara lebih maksimal sehingga mengurangi kelembapan dan pastinya mencegah bau mengendap di sepatu.

Pilih kotak sepatu atau rak sepatu yang tertutup untuk menyimpan sepatu yang jarang anda gunakan. Untuk menjaga kelembapan sepatu dan mencegah jamur maka jangan lupa juga untuk meletakkan silica gel atau kamper di kotak sepatu anda. Untuk sepatu yang jarang dipakai, simpanlah di kotak sepatu.

Agar lebih mudah memilih sepatu yang akan dipakai, gunakan kotak sepatuplastik transparan atau dengan menempel foto sepatu di boks. Pastikan sepatu kering dan bersih sebelum masuk ke dalam boks. Sepatu yang tidak kering dapat menyebabkan kulit sepatuterkelupas dan retak-retak.

3.Pilih kotak sepatu
Jika Fresher banyak menyimpan sepatu dalam kotak maka ada baiknya anda menggunakan kotak yang transparan. Hal ini memudahkan anda saat hendak memilih sepatu yang ingin digunakan.

4. Pengganjal Sepatu
Untuk sepatu yang akan jarang digunakan maka ada baiknya Fresher menyimpannya dengan memasang pengganjal sepatu atau penyangga sepatu atau shoe tree terlebih dahulu. Hal ini untuk menghindari perubahan bentuk sepatu. Pengganjal sepatu yang terbiat dari kayu dapat juga berfungsi menyerap kelembapan sepatu.

5. Angin-anginkan secara berkala
Jika Fresher memiliki sepatu yang sangat jarang sekali digunakan maka ada baiknya anda mempunyai jadwal untuk mengeluarkannya dari tempat penyimpanan. Bersihkan sepatu tersebut dari debu yang menempel dan angin-anginkan sepatu tersebut. Sepatu anda juga sesekali perlu melihat sinar matahari dan merasakan sepoi angin lho.

Yuk berikan perawatan terbaik untuk sepatu kesayangan anda ya Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme