Proses laundry kiloan ? Bisnis laundry kiloan sudah menjadi jamur bagi seluruh pengusaha khususnya di indonesia, bahkan usaha laundry sudah bisa di lakukan hanya dengan modal yang ringan. Usaha laundry dapat dikembangkan dari bisnis rumahan ke bisnis franchise laundry.

Layanan ini cukup populer di kalangan masyrakat sehingga dengan mudahnya kita sebagai customer dapat melakukan perbandingan antara laundry kiloan satu dan lainya. Sebelum benar-benar kita terjun ke ranah bisnis laundry, kita harus mengetahui proses-proses dan langkah-langkah cara kerja laundry kiloan dari penerimaan baju sampai baju itu kembali ke customer, berikut ini adalah prosesnya :

Penerimaan Pakaian

Pertama dan yang pasti adalah kita harus bertemu dengan pemilik pakaian tersebut dan lakukan penerimaa layanan, lakukan dengan teliti dari jumlah baju yang akan di cuci, jenis baju yang akan di cuci, hitung berat dengan akurat, pencatatan jumlah berat, lama layanan, harga dan atas nama siapa layanan tersebut berlaku.

Catatan :

Buatlah pada bon 3 lapis:

  • Lapis pertama untuk konsumen, jika pembayaran lunas.

  • Lapis kedua untuk konsumen, jika pembayaran separuh harga atau saat selesai layanan.

  • Lapis ketiga untuk kasir, adalah arsip pemasukkan jasa yang telah dilakukan.

Untuk tahap ini lakukanlah perkonsumen agar tidak terjadi tertukar pakaian dari konsumen satu ke konsumen lainnya.

Proses Pencucian Pakaian

Dalam tahap ini kita harus berhati-hati agar tidak merugikan pemilik pakaian, pilihlah jenis pakaian yang akan di cuci, pisahkan antara pakaian bewarna yang mudah luntur dan tidak, pisahkan jenis bahan dari pakaian tersebut. Setelah dipisahkan, sebaiknya kita juga melakukan pemisahan untuk pakaian yang sebaiknya di cuci secara manual, karena tiap bahan memiliki daya penyusutan yang berbeda-beda.

Pilihlah sabun cuci dan detergent yang berkualitas agar pakaian tetap bersih dan menyehatkan. Gunakan softener yang cocok dengan bahan pakaian, untuk menghindari bau apek dan proses setrika juga lebih cepat.

Proses Pengeringan Pakaian

Pada cara ini Anda harus mengeringkan total sampai ke 100%. Pada pakaian yang bersifat poliuretan dan lycra seperti : baju renang, tali kur, sweater parasut,dll harus diperhatikan selalu, karena bahan tersebut mengandung serat plastik dan karet. Jadi pada saat pengeringan/ dryer hanya sebentar saja cukup 15 sampai 20 menit.

Proses Penyetrikaan

Ketika semua pakaian sudah kering dari dryer atau sinar matahari, selanjutnya adalah melakukan penyetrikaan , penyetrikaan ini berfungsi untuk merapikan pakaian yang kusut. Pastikan semua sisi rapi dan hati-hati untuk daerah bahan sensitif (misal label, dan merek pakaian) karena akan membuat meleleh serta menimbulkan efek gatal.

Jika penyetrikaan telah rapi, diamkan dahulu selama 10 menit yang berfungsi untuk menghilangkan sisa panas dan berilah parfum khusus laundry sehingga memberikan efek kesegaran yang tahan lama. Karena dengan begityu pakaian akan lebih wangi ketika diberikan ke konsumen

Proses Pengepakan

Langkah berikutnya adalah pengepakan, buatlah serapi mungkin dan hindari adanya udara yang masuk kedalam plastik yang digunakan untuk pengepakan. Sehingga meminimalkan kekusutan dan mudah di jinjing.

Proses Penaruhan Ke Rak

Ini adalah langkah terakhir setelah melewati beberapa proses. Ada baiknya apabila pakaian tersebut disimpan dalam rak.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme