6 Manfaat Berlibur di Pantai

Apakah Fresher suka berlibur ke pantai? Yap! Pantai yang bersih dengan deburan ombak yang tidak terlalu besar memang sangat menyenangkan mata dan pikiran. Bahkan berlibur di pantai juga dinyatakan memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Sebuah studi dalam Journal of Environmental Psychology menyatakan bahwa
“Wisata alam seperti pantai memiliki lebih banyak manfaat ketimbang gym, atau pusat-pusat hiburan urban”.

Kali ini Mr.Fresh akan coba kupas lebih jauh manfaat yang bisa Fresher dapatkan dengan berlibur di pantai.

1. Mengusir stres
Para ahli kesehatan mengatakan bahwa menghabiskan waktu di dekat laut dapat membebaskan Anda dari stres. Saat berada di pantai, tubuh Fresher akan mengeluarkan serotonin yang bisa membuat Fresher cenderung merasa tenang serta lega.

2. Vitamin D
Di pantai Fresher dapat menikmati sinar matahari tanpa terhalang bangunan apapun. Itu artinya tubuh kamu mendapatkan asupan vitamin D yang penting dalam penyerapan kalsium dan pembentukan tulang kuat secara maksimal.

Sementara itu Vitamin D Council menyebut tubuh dapat memproduksi 10 ribu sampai 25 ribu IU vitamin D saat Fresher berjemur hingga warna kulit sedikit kemerahmudaan. Tetapi ingat jangan berjemur terlalu lama ya Fresher. Selepas berjemur jangan lupa oleskan body lotion untuk melindungi kulit kamu.

3. Berjalan di Pasir Kuatkan Otot Kaki
Sebuah studi menunjukkan berjalan atau berlari di atas pasir membutuhkan energi 1,6 sampai 2,5 lebih banyak daripada berjalan di atas permukaan solid. Maka, berjalan di atas pasir baik untuk menguatkan otot kaki kamu.

Disarankan juga agar Fresher berjalan di atas pasir tanpa menggunakan alas kaki. Menurut Martin Zuncker, penulis buku “Earthing: The Most Important Health Discovery Ever?”, berjalan tanpa alas kaki dapat menghantarkan energi penting pembangkit mood dari bumi masuk ke dalam tubuh.

4. Nikmati Manfaat Air Laut
Dengan berenang di air laut saja juga bisa memberikan manfaat bagi tubuh Fresher. Pertama tentu saja membuat tubuh kita bugar dengan melakukan renang. Kedua, air laut mengandung berbagai jenis mineral seperti magnesium, potassium dan iodine. Mineral ini antara lain berfungsi untuk menyembuhkan infeksi, sebagai alat detoksifikasi, dan memberikan efek terapi…wow! Ketiga, pantai juga memiliki manfaat yang hebat dalam segi kecantikan. Air garam mendetoksifikasi kulit dan membunuh bakteri. Serta butiran pasir di pantai dapat bertindak seperti exfoliator.

Tahukah Fresher bahwasanya berenang dapat menurunkan stres, depresi dan kecemasan. Disamping efek kesehatan jiwa, berenang juga berkhasiat dalam pembentukan otot-otot tubuh mengingat air memiliki resistensi yang cukup tinggi. Dengan berenang sedikitnya dua setengah jam per minggu, Anda sudah menurunkan risiko penyakit kronis dan meningkatkan kesehatan jantung.

5. Paru-paru membaik
Penelitian menunjukkan bahwa kualitas udara di pantai memungkinkan paru-paru dapat bernapas dengan baik sehingga Fresher akan cenderung terhindar dari beberapa penyakit paru seperti asma.

6. Tidur dengan baik
Pantai bisa membebaskan Fresher dari stres dan kelelahan. Nah, setelah puas bermain-main dengan air di pantai maka Fresher akan dapat tidur pulas tanpa mengalami insomnia. Faktor penyebab terjadinya insomnia salah satunya adalah stres.

Itu tadi beberapa manfaat beraktivitas di pantai yang berhasil Mr.Fresh rangkum. Yuk siap berlibur di pantai?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme