Dalam buku Master Your Money yang ditulis oleh ahli keuangan America Serikat bernama Jordan E. Goodman, ada beberapa tipe kepribadian seseorang dalam menangani masalah keuangannya. Gaya tersebut mencerminkan perasaan, mulai dari ketakutan terdalam hingga hasrat terbesar dalam bidang keuangan yang dipendam. Biar lebih tahu, termasuk manakah kepribadian kita, mari simak tipe tersebut sebagai berikut :

1. Si Burung Unta

Tipe Kepribadian Keuangan

Anda yang masuk dalam kategori ini adalah pribadi yang mudah bingung dan terintimidasi oleh uang. Anda hanya bisa bermimpi mempunyai bisnis tapi memendamkan kepala (seperti burung unta) jika sedang berbicara keuangan. Bukan berarti keuangan Anda payah, hanya saja Anda terlalu keras memikirkan hal lain yang lebih baik selain uang.

Masalah utama yang biasanya dihadapi oleh orang dengan tipe ini adalah keterlambatan menyimpan uang dan saat Anda sadar banyak hal yang harus anda kejar Anda tidak mempunyai sedikitpun amunisi. Tantangan yang harus dihadapi orang dengan tipe ini adalah menghadapi rasa malu dan mulai mengontrol keuangan. Managemen pendebetan baik untuk dilakukan, misalnya saja bayarlah tagihan secara debet. Hal ini akan membuat keuangan Anda akan lebih rapi.

 2. Tipe Pejuang

Tipe Kepribadian Keuangan

Orang dengan tipe keuangan seperti ini biasanya adalah tipe pencari. Anda mungkin sangat tertarik dan senang untuk mengumpulkan banyak hal (termasuk barang branded) dan kemudian memamerkannya. Rasa bangga akan menyelimuti diri Anda, tapi pada satu sisi Anda menyadari bahwa Anda telah mengeluarkan uang lebih dan sedikit menuju jurang hutang.

Masalah utama yang dihadapi orang dengan tipe keuangan seperti ini adalah cash flow yang buruk. Anda mungkin tidak akan bangkrut, namun masa depan menjadi taruhan sebab Anda lupa menabung dan terlalu mudah berhutang. Anda perlu menyeimbangkan pemasukan dan pengeluaran keuangan. Anda tetap boleh memilih barang yang bagus sesuai dengan selera Anda, namun pastikan juga biaya asuransi dan tabungan masa depan juga menjadi prioritas Anda.

 3. Si Pengutang

Tipe Kepribadian Keuangan

Anda adalah pribadi yang sangat mudah mengelurkan uang. Anda sadar bahwa Anda boros, namun tidak mengakuinya. Anda sebenarnya merasa putus asa dengan keuangan yang Anda miliki. Anda bisa dibilang sudah terpeleset dalam hal keuangan karena mudahnya anda untuk mengambil pinjaman baru untuk melunasi pinjaman lama. Salah satu cara untuk terbebas dari tipe keuangan ini adalah tekad Anda untuk bangkit. Anda perlu mengandalkan pemasukan Anda atau menambah pos pemasukan dengan usaha Anda. Jika Anda sudah terlilit hutang dengan kreditor, maka hadapilah mereka. Tak peduli kerasnya mereka menekankan Anda untuk membayar seluruh utang, mintalah reschedule utang dengan bunga lebih rendah dan cicilan ringan.

4. Si Tupai

Tipe Kepribadian Keuangan

Seperti seekor tupai, Anda adalah pribadi yang gemar menabung. Anda sangat merasa bahagia untuk mengumpulkan voucer atau uang receh demi menyeimbangkan keuangan Anda. Hal ini bagus, namun ketakutan untuk kehilangan uang justru bisa membuat Anda sengsara. Masalah utamanya adalah Anda tidak tahu harus bagaimana memutar uang yang telah Anda kumpulkan. Anda sangat menyadari bahwa inflasi akan terus terjadi dan uang yang Anda diamkan tidak akan menjadi apapun.

Untuk menangani masalah tersebut, Anda perlu menanamkan sikap untuk tidak terlalu tergantung dengan uang. Anda juga perlu belajar lebih banyak tentang paket investasi. Jika memang Anda menyukai untuk menabung dalam bentuk uang, maka tukarlah rupiah Anda dengan mata uang asing untuk Anda simpan. Jika harga mata uang asing tersebut naik, maka Anda dapat memakainya untuk dijual dan memenehi kebutuhan prioritas Anda.

5. Si Penghibur

Tipe Kepribadian Keuangan

Fokus kehidupan Anda adalah masa depan. Bagi Anda kebutuhan asuransi jiwa hingga dana pension perlu disiapkan sejak dini. Hal ini baik, namun Anda jadi seperti tidak menikmati hasil kerja keras Anda sekarang ini. Anda terlalu over berinvestasi untuk masa depan. Padahal, ada ambisi lain yang takut Anda wujudkan.

Untuk mengatasi hal ini, Anda perlu menggunakan dasar kemapanan yang telah Anda miliki untuk mencapai tujuan yang lebih tinggi. Anda perlu membagi sejumlah angka dari pendapatan Anda untuk berinvestasi jangka pendek, menengah dan panjang. Dengan pembagian seperti ini, Anda juga tidak akan merasa bersalah jika Anda merasa menghamburkan banyak uang keperluan Anda saat ini.

6. Si Pengundi

Tipe Kepribadian Keuangan

Seolah bermain-main, Anda senang sekali bertaruh kehidupan dan masa depan Anda dengan investasi yang beresiko tinggi. Anda penuh percaya diri, merasa lebih pintar, cepat, dan berinsting kuat. Anda juga sangat mudah tergoda dengan bujukan untuk bermain investasi yang menjanjikan hasil kembali yang tinggi. Masalahnya adalah kemauan untuk menikmati keuangan dengan mudah dan berinvestasi jalan secara bersamaan. Anda ingin menunjukkan pada semua orang bahwa Anda punya kemampuan untuk mengelola keuangan Anda dengan baik. Akan tetapi, hal ini justru bisa menjadi boomerang untu Anda. Solusinya, Anda perlu membagi dana keuangan anda untuk menjamin kelangsungan hidup sekarang dan masa depan. Setelah itu, baru mengejar ambisi berinvestasi.

Setelah mengetahui tipe kepribadian keuangan di atas, manakah yang menjadi kepribadian Anda?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme