6 Tips Tangkal Rasa Kantuk Selepas Maksi

6 Tips Tangkal Rasa Kantuk Selepas Maksi

Mengantuk setelah jam makan siang ? Mungkin itu sudah hal yang biasa tetapi bisa berabe bagi anda yang masih harus bekerja sedangkan mata sudah tak ada tenaga lagi.

Memang sebenarnya mengantuk setelah jam makan siang itu adalah hal yang alamiah karena ada kaitannya dengan ritme sirkadian atau jam biologis tubuh kita. Dimana sekitar jam 2 siang hingga 4 sore, kita akan mulai merasa lemas, suhu tubuh turun, dan mengalami penurunan kemampuan fokus dan konsentrasi. Akibatnya, produktivitas pun mulai melempem saat menjelang sore hari.

Tetapi Fresher tentu tidak akan membiarkan rasa kantuk mengalahkan semangat anda beraktifitas bukan ? Nah coba ikuti tips-tips mudah dari Mr. Fresh berikut untuk menangkal rasa kantuk selepas makan siang. Selamat mencoba.

1. Cermat Memilih Makanan
Tahukah Fresher, jenis makanan tertentu memang bisa membuat anda mudah mengantuk setelah mengkonsumsinya. Biasanya rasa kantuk datang setelah kita mengkonsumsi makanan dengan kadar gula dan karbohidrat yang tinggi. Sebaiknya Fresher mengkonsumsi makanan dengan karbohidrat komples, tinggi protein dan lemak sehat. Makanan jenis tersebut tetap memberi pasokan energi tetapi tubuh tetap bugar karena kadar glukosa dalam darah terkontrol.

2. Jangan Lewatkan Sarapan
Jika anda selalu terburu-buru di pagi hari, bisa jadi waktu sarapan akan selalu anda lewatkan. Padahal memulai hari dengan sarapan sehat akan bisa menjadi sumber energi utama bagi anda selama sehari penuh. Pilihlah makanan yang sehat seperti gandum dan serealia utuh, buah-buahan dan yoghurt untuk memberikan energi yang cukup di pagi hari. Sarapan akan membantu Anda melawan godaan untuk makan makanan yang tidak sehat di siang hari, serta meningkatkan kesehatan Anda secara fisik maupun mental sepanjang hari.

3. Kurangi Porsi Makan
Makan secukupnya, berhentilah sebelum kenyang. Semakin kenyang anda makan maka tubuh akan semakin mengeluarkan energi untuk mencerna makanan. Ketimbang makan siang seporsi besar, makanlah beberapa kali dalam porsi yang lebih kecil sepanjang hari. Seimbangkan makan siang porsi kecil camilan yang anda konsumsi menjelang sore hari. Jika Anda berencana makan dalam porsi yang lebih kecil sepanjang hari, pastikan untuk makan setiap paling tidak 3 jam sekali.

4. Kurangi asupan kafein
Minuman yang mengandung kafein mungkin terkenal akan khasiatnya mampu membuat anda terjaga tetapi tahukah Fresher khasiat kafein akan semakin berkurang bagi tubuh dan anda harus menambah dosisnya untuk mendapatkan khasiat yang sama. Padahal jika anda menambah dosis kafein bisa jadi akan merugikan kesehatan anda.

5. Saat Kantuk Mulai Datang, Beranjak dari Meja Kerja!
Jika kantuk, lelah, dan bosan sudah tak tertahankan, sebaiknya segera beranjak untuk sekadar bergerak atau berjalan-jalan. Hal ini dapat membantu menyegarkan mata dan pikiran anda. Pergilah keluar untuk menghirup udara segar atau melihat pemandangan lain. Anda juga bisa mengunjungi bilik rekan kerja anda.

6. Manfaatkan waktu istirahat siang untuk tidur
Yak! Mengambil waktu tidur selama 15-20 menit disela istirahat siang memang dianjurkan. Bagaimanapun, tidur siang adalah cara paling ampuh untuk mengembalikan energi yang drop setelah makan siang. Asalkan dilakukan dengan cara yang benar, tidur siang bisa mengusir kantuk dan rasa lemas dan menggantinya dengan suplai energi baru. Ingat! jangan terlalu lama karena tubuhmu justru akan semakin lemas dan mengantuk saat bangun.

Itu tadi 6 Tips Tangkal Rasa Kantuk Selepas Maksi selamat mencoba dan tetap semangat hari ini ya Fresher!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme