7 Kebiasaan untuk tubuh lebih sehat

7 Kebiasaan untuk tubuh lebih sehat

7 Kebiasaan untuk tubuh lebih sehat

Rutinitas kita sehari-hari sering menjadikan kita kurang kurang begitu memperhatikan cara mengonsumsi makanan dengan baik. Padahal, kesehatan tubuh merupakan aset penting dan akan menjadi jauh lebih baik lagi apabila kita mengubah beberapa kebiasaan makanan. Berikut Mr.Fresh rangkum 7 kebiasaan untuk lebih sehat dengan mengonsumsi makanan yang dapat membuat anda jauh lebih sehat dan menjaga aset penting anda, yaitu kesehatan :

1. Menggunakan gula yang alami bukan buatan
Apabila dibandingkan dengan menggunakan gula yang memiliki kalori kosong dengan nilai gizi nol, menurut penelitian ilmiah madu terbukti memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Misalnya, madu yang dikonsumsi dengan air hangat dapat membantu anda tetap mendapatkan energi disaat anda sedang melakukan program diet serta dapat membuat pikiran anda menjadi lebih fokus.

2. Manfaat selesai makan sebelum kekenyangan
Menurut studi penelitian telah menunjukkan bahwa otak manusia bekerja pada tingkat optimal disaat perut kosong. Ketika perut anda kosong, maka akan melepaskan sebuah enzim yang disebut enzim ghrelin yang dapat merangsang hippocampus di otak, yang bertanggung jawab dalam belajar dan memori. Sehingga, apabila makan terlalu kenyang dapat membuat otak anda “tumpul” dalam beberapa saat.

3. Makan sesuai iklim
Tubuh Anda memerlukan makanan yang berbeda untuk setiap iklim yang berbeda. Pada musim panas contohnya, sebaiknya disertai dengan pilihan makanan yang “dingin” seperti mentimun, bit, dan labu. Sedangkan pada musim dingin, sebaiknya ditemani oleh makanan “pemanas” seperti biji wijen atau gandum. Menjaga keseimbangan pola makan anda akan membuat tubuh anda lebih mudah beradaptasi dengan kondisi iklim sehingga anda tidak mudah terserang penyakit.

4. Mengurangi kebiasaan mengonsumsi kopi dan teh
Kopi dan teh memang diyakini dapat memberi efek energi instan bagi tubuh, namun sesudahnya rentan membuat tubuh anda mudah lelah. Oleh karena itu, sebaiknya hindarilah mengonsumsi kopi dan teh terus-menerus, karena dapat berdampak buruk bagi stamina tubuh anda kedepannya.

5. Hindari langsung tidur setelah makan
Sesudah makan, anda harus menunggu setidaknya kurang lebih dua jam sebelum anda pergi untuk beristirahat. Sebab, makanan yang tidak tercerna dapat menyebabkan organ-organ menjadi tertekan, mengganggu sistem pencernaan, sehingga membuat istirahat tidur anda jauh dari kata “nyenyak” atau “pulas”.

6. Mengonsumsi daging bukan rutinitas
Beberapa riset penelitian mengatakan bahwa, ketika hewan disembelih dan mereka sadar bahwa mereka akan mati, hewan tersebut akan melepaskan bahan kimia tertentu dalam tubuh yang dapat berdampak buruk bagi tubuh manusia.

Selain itu, karena daging juga membutuhkan waktu yang lama untuk dicerna dan sering membusuk pada sistem pencernaan anda sebelum sepenuhnya dicerna, alangkah baiknya anda tidak menjadikan makan daging sebagai rutinitas menu harian anda. Atau seimbangkan daging dengan banyak sayur untuk memudahkan pencernaan.

7. Rutin mengonsumsi sayuran dan buah segar sebagai menu harian
Banyak nutrisi & gizi makanan yang hilang ketika sudah melalui proses pemasakan. Dengan anda rutin mengonsumsi sayur dan buah segar dapat memberikan nutrisi dan gizi yang selama ini tidak dapat anda peroleh dari makanan yang sudah dimasak. Dalam studi penelitian menunjukkan bahwa, orang yang rutin mengonsumsi buah dan sayur segar maka kesahatannya pun tetap terjaga dengan baik.

Demikian informasi yang Mr.Fresh bagikan seputar 7 kebiasaan untuk tubuh lebih sehat, semoga bermanfaat. Salam Sehat Salam Sukses Mulia !.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme