7 Langkah Mencuci Karpet Di Rumah

Apakah Fresher mempunyai Karpet di dalam rumah? Selain untuk melapisi lantai, karpet juga berfungsi untuk mepercantik ruangan.

Tetapi coba dicek kapankah terakhir kali Fresher mencuci karpet Anda? Ya, ukuran yang besar dan tebal terkadang membuat sebagian orang malas untuk mencuci karpetnya. Mencuci karpet sendiri memang agak berat tetapi yuk setidaknya sebulan sekali kita cuci karpet agar ruangan bisa nampak lebih cantik dengan karpet yang bersih dan wangi.

Berikut adalah tips mencuci karpet dengan air yang dapat anda lakukan di rumah:
1. Sebelum mencuci bersihkan terlebih dahulu karpet tersebut dengan menggunakan vacuum cleaner sehingga debu debu akan dapat terangkat dengan sempurna

2. Bentangkan karpet pada jemuran gantung atau tempat khusus untuk menggantung pakaian berat sehingga air akan mudah mengalir pada saat pencucian. Jika anda mencuci karpet dengan dibentangkan di lantai maka bisa dipastikan Fresher akan kesulitan saat harus menjemurnya karena karpet akan menjadi lebih berat akibat tergenang air dan hal tersebut bisa juga merusak lem karpet.

3. Jika sudah dibentangkan dengan sempurna dan kuat mulailah membersihkannya dengan menggunakan penyemprot air. Penggunaan penyemprot air ini dilakukan agar tekanan air lebih kuat merasuk kedalam sela sela serat karpet.

4. Lakukan proses pembersihan dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci karpet atau shampo karpet. Tapi jika tidak ada, alternatifnya adalah dengan menggunakan sabun yang lembut atau mengguankan sabun bayi dengan menggunakan sikat karpet yang lembut dan jangan melakukannya dengan sangat keras karena dapat merusak tekstur karpet. Tetapi harus dipastikan juga Fresher sudah menyikat dengan sempurna sehingga semua kotoran bisa terlepas.

5. Jika seluruh permukaan karpet telah dibersihkan selanjutnya bilas dengan air dan disemprotkan dengan tekanan lebih lembut sehingga air dapat mengalir dengan baik dan mengangkut kotoran yang ada di dalam karpet.

6. Keringkan karpet pada suhu panas yang secukupnya, jangan terlalu panas karena dapat mengakibatkan bulu karpet menjadi keras namun tetap memiliki suhu yang cukup sehingga karpet dapat kering dalam satu hari.

7. Setelah karpet kering, gelar lagi di lantai dan taburi baking soda secukupnya dengan cara mencipratkan pada permukaan karpet ini untuk menghilangkan bau dan setelah 30 menit bersihkan lagi dengan menggunakan vacuum cleaner.

Itulah cara mencuci karpet dengan air yang benar agar karpet yang anda miliki terawat dengan baik. Jika setelah dicuci karpet tidak langsung digunakan maka simpan karpet dengan cara digulung kemudian bungkus dengan plastik agar karpet tidak terkena debu.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme