7 Tips Membuang Pikiran Negatif

7 Tips Membuang Pikiran Negatif

Setiap harinya manusia memikirkan berbagai hal. Bahkan ada yang menyampaikan bahwa dalam satu hari manusia memikirkan 60.000 hal dalam satu harinya. Mengejutkannya lagi kebanyakan yang terlintas dalam pikiran manusia adalah hal yang bersifat negatif. Apakah Fresher menyadari hal tersebut?

Tentu tidak sangat berguna jika pikiran kita selalu dipenuhi oleh hal-hal buruk atau hal yang bersifat negatif. Karena pikiran negatif akan membentuk diri kita menjadi negatif dan menghilangkan berbagai kemungkinan positif yang sebenarnya ada di depan mata.

Nah, kali ini yuk kita cari tahu beberapa cara yang bisa membuat pikiran kita lebih tenang dan pastinya lebih banyak berpikir positif.

1. Ubah kalimat berpikir anda
Terkadang kita selalu khawatir dengan hal negatif yang bisa terjadi. Perspektif buruk/negatif yang selalu kita khawatirkan itulah yang kemudian selalu terngiang dalam pikiran kita. Jika hal tersebut sering terjadi maka rubahlah sudut pandang anda.
Misalnya, dibanding berpikir , “Hari ini terasa begitu melelahkan karena banyak tugas,”
lebih baik berpikir “Tugas yang banyak hari ini menantang ku untuk mengerjakan dengan lebih semangat.”
Anda pada dasarnya sedang mengatakan hal yang sama, namun cara kedua memiliki sudut pandang yang lebih positif. Tapi kadang-kadang perubahan kalimat kecil dapat membuat perbedaan besar untuk pola pikir anda.

2. Sugesti pikiran
Setiap pagi selalu mulai hari anda dengan pikiran positif dan semangat. Hindari berpikir yang buruk di pagi hari. Pikiran anda di pagi hari sangat menentukan kondisi anda sepanjang hari. Jadi pastikan anda selalu memulai hari dengan sugesti pikiran yang positif.

3. Perhatikan Lingkungan Anda
Manusia itu ibarat spons yang bisa meniru dan menyerap berbagai hal dari lingkungan. Oleh karena itu lingkungan menjadi faktor penting yang sangat mempengaruhi pola pikir serta tingkah laku kita. Nah, tugas Fresher adalah mencari lingkungan atau teman yang membuat anda nyaman dan memberi pengaruh atau semangat positif untuk diri anda. Karena bergaul dengan teman yang selalu mempunyai semangat positif akan membuat diri kita juga terbiasa berpikiran positif.

4. Ubah bahasa tubuh
Tahukah Fresher ternyata bahasa tubuh yang kita gunakan juga bisa mempengaruhi pikiran kita. Sikap tubuh yang salah seperti selalu menunduk/membungkuk dan sering mengerutkan kening akan membuat anda lebih mudah berfikir negatif.
Bahasa tubuh yang buruk dapat menurunkan citra diri anda dan menyebabkan kurangnya kepercayaan diri. Hal tersebut sangat menunjang anda untuk selalu berpikir negatif terlebih jika sedang dalam kondisi emosional.
Oleh karena itu disarankan duduklah tegak dengan penuh percaya diri. Buka sikap anda dan lebih banyak tersenyum.

5. Rileks
Ketegangan tubuh biasanya akan membuat seseorang menjadi cepat panas alias marah dan berpikiran yang negatif. Oleh karena itu pada saat tubuh anda terasa tegang atau kaku lebih baik anda membuatnya rileks dengan cara melakukan peregangan atau bisa juga dengan pijatan.

6. Bicarakan masalah anda
Mencoba mengeluarkan masalah yang sedang berputar dikepala anda bisa jadi salah satu cara untuk menenangkan pemikiran anda. Hindari menumpuk hal yang negatif dalam pemikiran anda. Mencoba berbicara dengan diri sendiri bisa jadi salah satu cara untuk mencari solusi dari hal negatif yang sedang anda pikirkan. Akan lebih baik lagi jika anda bisa membicarakan hal tersebut dengan orang terdekat yang anda percayai.

7. Pergilah ke luar
Suasana baru dan lingkungan baru bisa jadi merefresh pemikiran anda. Melihat hal-hal yang baru bisa jadi juga membuat anda bisa menemukan solusi dari hal yang sedang anda pikirkan. Menghindari sejenak dari hal yang setiap hari kita lihat terkadang bisa membuat pikiran anda lebih tenang.

Nah itu tadi 7 Tips Membuang Pikiran Negatif yang bisa anda praktekan dalam keseharian. Keep Your Mind Clear ya Fresher! Karena pikiran yang positif bisa membantu kita untuk maju dan tetap optimis.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme