7 Tips Mencuci & Merawat Pakaian Senam

7 Tips Mencuci & Merawat Pakaian Senam

Bagi anda pecinta olahraga maka melakukan aktivitas yang satu itu menjadi jadwal rutin yang anda lakukan. Bisa mengeluarkan keringat yang banyak tentu sangat menyegarkan tubuh dan pastinya juga menyehatkan. Tetapi yang perlu anda perhatikan adalah perawatan pakaian olahraga yang anda kenakan.


Kenapa demikian? Tentu saja karena keringat yang menempel di pakaian olahraga akan bisa membuat pakaian mudah berbau jika tidak mendapatkan perawatan yang baik. Nah, kali ini Mr. Fresh akan berikan beberapa info mengenai cara mencuci serta merawat pakaian senam dalam 7 Tips Mencuci & Merawat Pakaian Senam. Berikut informasinya:

1. Segera Cuci
Setelah melakukan senam maka lebih baik anda segera mencuci pakaian senam anda. Menunda mencuci bisa membuat keringat lebih lama menempel di pakaian dan berpotensi meninggalkan bau. Karena keringat yang menempel di baju senam akan memudahkan perkembangbiakan bakteri sehingga baju senam jadi bau dan belum layak dipakai lagi sebelum dicuci. Selain itu, Keringat yang membasahi baju senam juga bisa menimbulkan suasana lembab. Kelembaban itu akan membuat jamur cepat tumbuh, sehingga cepat merusak baju senam Anda.

Jika memang tidak sempat langsung mencuci maka ada baiknya anda mengangin-anginkan pakaian dengan cara digantung. Hal ini membantu agar keringat yang menempel bisa lebih cepat menghilang.

2. Perhatikan Washing Care Label
Sebelum memulai proses pencucian, maka anda harus perhatikan dahulu petunjuk perawatan yang ada di pakaian. Hal ini tentu bisa memandu anda sehingga mempermudah dalam proses cuci. Selain itu tentu saja sangat membantu untuk membuat pakaian lebih awet.

3. Rendam pakaian
Rendam baju senam dalam larutan detergen lembut. Cukup diamkan dalam waktu 30 menit, jangan rendam terlalu lama pakaian senam anda. Terlalu lama merendam apalagi sampai semalaman bisa merusak tekstur baju senam anda.

4. Cuci Terpisah
Jangan mencuci pakaian senam dengan pakaian lain yang mempunyai bau tajam atau bernoda kotor. Lebih baik anda mencuci pakaian senam dengan tidak dicampur oleh pakaian lain.

5. Cucilah Menggunakan Tangan
Pakaian senam memiliki bahan elastis yang lentur mengikuti bentuk tubuh, maka anda harus menjaga elastisitasnya. Jangan pernah mencuci pakaian senam dengan mesin cuci. Cucilah dengan tangan untuk menjaga agar pakaian senam anda tidak menjadi molor. Biasanya pakaian senam hanya kotor oleh keringat oleh karena itu anda perlu menguceknya saja pada bagian tertentu seperti pada bagian ketiak atau lipatan lain.

6. Proses penjemuran
Setelah proses pencucian selesai maka keringkan secara manual jangan menggunakan mesin pengering. Langsung peras pakaian dan jemur. Menjemur di bawah sinar matahari langsung bisa membantu membunuh bakteri yang mungkin muncul di pakaian senam anda. Tetapi ingat ya Fresher, segera angkat pakaian senam anda setelah kering. Jangan terlalu lama menjemurnya di bawah sinar matahari.

7. No Setrika
Pakaian senam anda tidak perlu disetrika, cukup rapikan/haluskan dengan tangan segera setelah anda angkat dari jemuran. Kemudian lipat dan simpan dalam lemari pakaian anda. Tidak perlu menyimpan pakaian senam dengan cara digantung karena bagian bahu akan menahan beban baju senam, sehingga bagian bahu lebih mudah molor.

Itu tadi 7 Tips Mencuci & Merawat Pakaian Senam untuk anda. Semoga bermanfaat ya Fresher.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme