Traveling atau bepergian ke kota-kota lain tentu menyenangkan dan sarana hiburan yang tepat untuk menghilang sejenak dari aktivitas sehari-hari. Tetapi satu hal yang bisa membuat pusing saat bepergian adalah menentukan berapa banyak baju yang dibawa, eits ga perlu pusing untuk hal tersebut. Yuk ikuti tips mencuci saat bepergian berikut:

1. Menggunakan Tas Ziplock
Tidak membawa ember saat bepergian? Tanang, gunakan saja tas ziplock. Tas ini sangat cocok digunakan karena dapat menahan tekanan air sampai 190meter selama 2 minggu, dan juga sangat praktis dan ringan sebagai pengganti ember atau bak. Untuk mencuci dengan menggunakan ini, caranya masukan baju kotor kemudian tmbahkan air hangat dan detergent, kemudian aduk2 selama 5menit, setelah itu diamkan selama 10 menit. Setelah 10 menit bilas dengan air besih. selain untuk mencuci dapat juga digunakan untuk menyimpan baju kotor.

2. Menggunakan Wastafel 
Kamu tidak punya tas ziplock? Gunakan saja wastafel untuk merendam baju kotor. Cara ini yang sering digunakan para backpacker untuk mencuci pakaian mereka. Pasang penutup wastafel, isi dengan detergent dan juga air hangat kemudian masukkan baju kotor kamu, tunggu beberapa menit, kemudian buka tutup wastafel saat membilas pakaian.

3. Gunakan Bathub
Jika pakaian yang ingin dicuci terlalu banyak kamu bisa gunakan Bathub sebagai pengganti wastafel. Isilah bak tersebut dengan air hangat sampai 3/4 ukuran bak, lalu tambahkan detergen.

4. Kucek di celana di lantai kamar mandi
Hanya membawa satu celana jeans dan ternyata sudah sangat kotor? Bisa kok dicuci dengan tangan sendiri. Lakukan perendaman seperti di atas. Rendam dengan air hangat karena lebih ampuh mengurai kotoran.
Setelah direndam, kucek di lantai kamar mandi. Anda bisa membanting-banting celana di sela-sela mengucek. Carilah daerah lantai yang paling tidak licin. Karena mengucek di lantai yang kasar bisa membantu menghilangkan kotoran lebih baik.

5. Peras dengan kencang agar pakaian cepat kering
Setelah direndam, bilaslah pakaian Anda satu per satu. Gunakan otot-otot Anda untuk mengeluarkan sisa-sisa air dari cucian. Kalau takut pakaian Anda terlihat kusut, gulung pakaian di dalam selembar handuk untuk membantu mengeringkannya.

6. Jemur di kamar mandi dengan lampu menyala atau di depan AC
Dengan asumsi kamar Anda tidak memiliki jemuran, setelah selesai mencuci, gantung pakaian di kamar mandi dengan lampu menyala. Manfaatkan tirai kamar mandi, gantungan baju dan handuk untuk menjemur pakaian. Cari tempat yang paling dekat dengan cahaya lampu. Jika exhaust tetap menyala saat lampu kamar mandi menyala, jemurlah di bawah exhaust atau jemurlah di bawah AC. Taruh bangku di bawah AC dan jemurlah pakaian di atas bangku.

7. Keringkan dengan hairdryer jika terpaksa
Jika benar-benar kehabisan baju, Anda bisa mengeringkan baju dengan hairdryer. Peras baju hingga benar-benar kering lalu diamkan selama beberapa menit. Setelah itu, keringkan dengan hairdryer.

8. Gantung dengan leluasa
Gantunglah pakaian di tempat yang mendapatkan maximum airflow. Jika Anda harus meletakkannya di tempat yang rata, jangan lupa untuk membalikkan pakaian tersebut setelah beberapa jam.

9. Lipat dan simpan
Setelah pakaian-pakaian Anda benar-benar kering, ambil dan lipat dengan baik, lalu langsung simpan di dalam tas atau koper Anda.

Dengan kiat yang tepat, kita bisa berlibur dengan tidak terlalu membawa banyak baju. Tetapi jika kesulitan untuk melakukan hal di atas, maka tak perlu repot cuci kilat saja di Simply Fresh Laundry terdekat. ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme