Agar Kita Menjadi Pribadi Yang Selalu Bersyukur

Dengan menjadi pribadi yang selalu bersyukur yang menyadari besarnya nikmat yang kita punyai bisa menjadikan diri kita menjadi pribadi yang mudah untuk berbuat baik kepada orang lain terlebih mereka yang kekurangan.
Tetapi terkadang kita masih sulit untuk menjadi pribadi yang mensyukuri segala nikmat yg kita punyai karena kita selalu saja merasa kekurangan. Apakah Fresher pernah mengalaminya?
Berikut tips untuk Agar Kita Menjadi Pribadi Yang Selalu Bersyukur.

1. Buat Daftar Hal-Hal yang Bisa Kita Syukuri

Buatlah daftar hal-hal yang bisa kita syukuri. Lihat sekeliling kita, perhatikan diri kita, bayangkan bagaimana kalau kita hidup tanpa hal-hal luar biasa itu? Seperti sempurnanya anggota badan kita, oksigen yang kita hirup, sinar matahari atau air hujan penuh berkah yang kita terima, makanan yang tersedia, rumah, keluarga, orang tua, kendaraan, pekerjaan, rejeki yang kita punya dan banyak sekali hal lain yang bisa kita syukuri.
Ambil contoh kecil saja, dapatkah Fresher bayangkan kalau untuk menghirup oksigen itu kita harus membayar seperti saudara kita yang terbaring sakit? Berapa biaya yang kita perlukan untuk itu. Banyak hal-hal yang kita anggap kecil sebenarnya merupakan nikmat luar biasa bagi kehidupan kita.

2. Biasakan Mengucapkan Terima Kasih

Membiasakan diri untuk berterima kasih adalah sebuah kebiasaan yang sangat baik, sebab dengan berterima kasih maka kita akan jadi lebih mudah mensyukuri hidup ini.
Nathaniel Lambert dari Florida State University, Tallahassee menyatakan “Ketika Anda mengekspresikan ucapan terimakasih, Anda terfokus pada hal baik yang telah dilakukan untuk Anda. Hal ini membuat Anda berpikir positif dan membantu Anda untuk fokus pada jalan yang benar,”
Biasakan ucapkan terima kasih, ketika bangun tidur ucapkan terima kasih kepada Tuhan, ketika ditolong teman ucapkan terima kasih, banyak-banyaklah berterima kasih. Pentingnya terima kasih akan menjadikan kita bersyukur.

3. Renungkan Hal-Hal Baik yang Menimpa Kita

Setiap dari kita pasti punya kejadian atau hal-hal baik yang bisa disyukuri, contohnya seperti nyaris diserempet motor tapi tidak kena, ditraktir makan oleh teman, bisa liburan secara seru dengan anggota keluarga, dan banyak lagi.
Dengan membayangkan kejadian-kejadian itu, kita akan menyadari betapa beruntungnya hidup kita dan menjadikan kita pribadi yang mudah bersyukur.

4. Lihatlah Saudara-Saudara yang Tidak Seberuntung Kita

Lihatlah sekitar karena masih ada saudara-saudara yang tidak seberuntung kita. Mereka yang tidak memiliki rumah, keluarga untuk berlindung, mereka yang bekerja keras siang malam.
Bayangkan betapa beruntungnya kita karena kita telah mendapatkan fasilitas dan rezeki yang cukup. Ada perkataan bijak yang menyampaikan bahwa dalam hal nikmat dunia lihatlah yang lebih kurang dari kita. Dalam hal ibadah lihatlah mereka yang lebih baik dari kita.
Dengan melihat mereka yang kurang beruntung dari kita bisa menjadikan diri kita lebih bersykur dan memotivasi diri kita untuk dapat berbuat baik bagi orang lain.

Yuk Fresher syukuri nikmat yang kita punyai dan mulailah sering berbuat baik kepada orang lain.
Allah berfirman, “Dan kebaikan apa saja yang engkau perbuat untuk dirimu, niscaya kamu memperoleh (balasan)nya di sisi Allah sebagai balasan yang paling baik dan yang paling besar pahalanya.” (Al Muzzammil: 20)

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme