Amalan di Bulan Muharram

Tahukan Fresher, Muharram termasuk bulan yang dimuliakan Allah SWT. Saking mulianya, ia dijuluki dengan syahrullah (bulan Allah). Muharram dikatakan mulia karena di dalamnya terdapat amalan sunah yang sangat dianjurkan untuk melakukannya. Apa saja amalan di bulan muharram tersebut, Mr.Fresher akan membahasnya lebih lanjut, mari disimak ya:

1.Perbanyak Puasa  
Nabi SAW bersabda, “Sebaik-baiknya puasa setlah bulan Ramadhan adalah puasa di bulan Allah, yaitu bulan Muharram….”(HR.Muslim)

2.Puasa Asyuro (10 Muharram)
Nabi SAW bersabda.” Puasa Asyuro menjadi penembus dosa setahun yang telah lalu”(HR.Muslim)
 
3.Puasa 9 Muharram
Setahun sebelum Nabi SAW wafat, beliau tidak hanya berpuasa pada 10 Muharram saja tetapi menambahkan puasa pada hari sebelumnya yaitu 9 Muharram(puasa Tasu’a) dalam rangka menyelisihi puasa orang Yahudi.

4.Menyantuni anak yatim dan menjamu tamu
Diriwayatkan juga bahwa Rasul SAW menyayangi anak-anak yatim, dan lebih menyayangi mereka pada hari 10 muharram (Asyura) dan menjamu serta bersedekah pada 10 Muharram bukan hanya pada anak yatim tapi keluarga, anak, istri, suami dan orang orang terdekat, karena itu sunnah Beliau SAW dan pembuka keberkahan hingga setahun penuh. (Faidhul qadir juz 6 hal 235-236).

Semoga amalan di bulan muharram tersebut bisa kita terapkan ya Fresher, semoga bermanfaat^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme