batik sebagai media promosi

Batik Sebagai Media Promosi Budaya, Batik Basurek adalah batik asal Bengkulu yang bermotif kaligrafi. Nama Basurek sendiri berarti bersurat yang menerangkan sebuah kain dengan motif berupa surat atau tulisan Alquran. Pengaruh agama Islam sangat kental sekali pada kain Besurek dan dapat dilihat dari banyaknya motif kaligrafi yang tercetak disana.

Bukan hanya motif batik parang Yogyakarta saja yang hanya boleh dikenakan oleh kalangan tertentu pada saat tertentu, tapi motif batik basurek Bengkulu ini menganut prinsip yang sama. Dulu, batik Basurek ini adalah sebuah kain yang sangat sakral karena banyak mengandung potongan ayat suci Alquran, sehingga tidak boleh digunakan sembarangan. Kain ini hanya digunakan sebagai kain upacara adat pengantin dan untuk menutupi mayat.

Baca Juga : Membuka usaha laundry untuk pemula

Keunikan dari batik Basurek ini selain sebagai media syiar pada zaman dahulu, juga mempromosikan ciri khas yang dimiliki daerah Bengkulu. Motif batik Basurek yang berupa kaligrafi akan dipadukan dengan jenis motif alam yang hanya ada di Bengkulu seperti bunga Raflesia Arnoldi, ornamen bunga cengkeh, motif burung kuau (burung yang disusun dari rangkaian huruf kaligrafi), motif relung paku meliuk liuk (tanaman relung pakayang bisa di temukan di Bengkulu).

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme