Berbagai Tahapan Dalam Entrepreneurship

Setiap orang memiliki pandangan masing-masing dalam mengartikan kesuksesan berbisnis. Ada yang mengartikan sukses ketika bisnis sudah menghasilkan keuntungan yang besar. Ada juga yang mengartikan sukses ketika sudah meraih kebebasan finansial ataupun ekspansi bisnis yang sudah sangat luas. Namun tahukah Anda bahwa dalam bisnis juga dikenal tingkatan seseorang untuk bisa disebut sebagai seorang entrepreneur yang sesungguhnya, sebagaimana yang dinyatakan oleh Robert T. Kiyosaki. Berikut ulasannya :

Tingkat 0
Pada tingkatan ini, seseorang sudah mulai merintis usaha sendiri, namun hasil usaha tersebut baru cukup untuk kebutuhan pokok saja. Tingkatan ini memiliki resiko dan potensi bisnis yang sama kecilnya. Yang harus dilakukan adalah mulai merancang rencana untuk membawa usaha Anda ke tingkat yang lebih tinggi.

Tingkat 1
Dapat juga disebut level pekerja, dimana seorang pebisnis memiliki tanggung jawab layaknya seorang pekerja yang memiliki atasan. Pada tingkatan ini Anda masih memiliki ketergantungan pada pihak yang lebih tinggi, misalnya pada supplier atau produsen. Untuk bisa naik ke tingkat berikutnya, Anda perlu lebih berani mengambil resiko usaha yang lebih besar lagi. Tingkatkan juga kapasitas dan mulai menyusun rencana supaya bisnis menjadi benar-benar ‘milik’ Anda sendiri

Tingkat 2
Pada tingkatan ini, seseorang sudah mulai membentuk jiwa entrepreneur sesungguhnya. Usaha yang dijalankan sudah bisa disebut bisnis, baik dari kualitas maupun kuantitasnya. Ciri-ciri entrepreneur juga mulai muncul, di antaranya tidak senang diatur dan selalu memiliki tujuan dan ambisi yang kuat untuk menjadi lebih baik. Pada tahap ini, resiko juga semakin terlihat, dan ketika terjadi suatu kesalahan dapat berakibat cukup fatal. Dan untuk mengembangkan bisnis, Anda perlu memperoleh support modal dan peluang yang besar

Tingkat 3
Tingkatan ini, seseorang sudah dapat disebut sebagai pengusaha atau pemilik bisnis. Mereka sudah memiliki sistem yang tertata dengan baik. Tidak hanya mengelola usaha, pada tingkatan ini seseorang sudah memiliki skill untuk membawahi banyak bidang yang lebih kompleks. Untuk mencapai tingkatan ini tentunya dibutuhkan waktu dan pengalaman. Tanpa adanya jiwa entrepreneur yang sesungguhnya pada diri seseorang, bisnis bisa saja mengalami kemunduran.

Tingkat 4
Pada level ini, pengusaha sudah lebih berani mengambil peluang dan resiko yang besar. Tipe ini jelas terlihat pada para investor. Yang menjadi ciri dari level ini adalah ketajaman intuisi bisnis serta kemampuan analisa akan tren jangka panjang. Jika sudah berada pada level ini, kebanyakan uanglah yang terus menerus bekerja untuk kita. Dengan berbagai passive income yang dimiliki, arti financial freedom yang sebenarnya sudah bisa dirasakan pada tahap ini.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme