Cara Alami Tingkatkan Imunitas Tubuh

Coba tengok sekeliling Fresher apakah banyak yang terkena flu atau batuk pilek? Kondisi badan yang menurun serta cuaca yang tidak bersahabat memang rentang menyebabkan kita terkena penyakit terutama terkena flu. Oleh karena itu kondisi tubuh perlu kita jaga agar kekebalan tubuh selalu baik.  

Untuk menjaga agar sistem imun kita selalu baik janganlah selalu bergantung pada obat-obatan. Cara Alami Tingkatkan Imunitas Tubuh dan Ada beberapa cara alami yang bisa Fresher coba untuk mendapatkan tubuh yang selalu sehat dan bugar. Berikut Mr.Fresh rangkumkan informasinya:

1. Pilih-Pilih Makanan

– Lemon banyak mengandung vitamin C yang dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan juga mempercepat penyembuhan sakit. Bagi Fresher yang mempunyai asam lambung, maka dapat mengkonsumsi lemon dengan dicampur  air hangat. Selain vitamin C manfaat lain dari lemon adalah  sebagai detoksifikasi alami.

Jus lemon dapat meningkatkan tingkat buang air kecil dalam tubuh sehingga secara tidak langsung dapat membantu membersihkan racun-racun dalam tubuh melalui urin. Membiasakan minum air hangat dan lemon di pagi hari juga dapt membantu proses pencernaan.

– Buah Kiwi merupakan sumber alami vitamin E, nutrisi penting untuk sistem kekebalan tubuh. Vitamin E membantu melindungi tubuh anda dari infeksi virus dan bakteri. Buah kiwi juga memiliki lebih banyak kandungan vitamin C.

– Coklat selain berfungsi untuk menenangkan pikiran tjuga merupakan salah satu makanan penambah kekebalan tubuh karena coklat merupakan antioksidan konsentrat. Coklat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kadar gulanya dalam taraf minimum. Oleh karena itu konsumsilah dark chocolate yang merupakan coklat murni tanpa tambahan pemanis seperti susu atau gula. Coklat jenis itulah yang dapat bekerja untuk meningkatkan imunitas. Penyajiaan paling sederhana: Secangkir coklat, dengan susu rendah lemak dan gula kadar rendah. Saat kamu mulai merasa tidak anak badan atau merasa lelah segerah mengkonsum coklat hangat agar kamu merasa segar kembali.

– Ikan, jenis ikan seperti salmon, tuna dan makarel banyak mengandung asam lemak omega 3. Fungsinya yaitu memperkuat daya tahan tubuh anda, meningkatkan aktifitas sel darah putih yang mampu menghancurkan bakteri yang berbahaya yang berada dalam tubuh juga berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan infeksi.

– Bayam berfungsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Bayam mengandung folat yang tinggi yang dapat mencegah kerusakan DNA dan pembuluh darah sehingga kekebalan tubuh juga akan terjaga. Bayam juga dikenal sebagai makanan super karena kaya nutrisis karena bayam mengandung folat yang membantu tubuh kamu memproduksi sel baru, banyak mengandung serat, antiokidan, vitamin C, dan banyak lagi. Nutrisi bayam paling anyak didapat saat bayam dimakan mentah atau dimasak sebentar karena memasak bayam yang terlalu matang akan membuat kamu kehilangan berbagai macam manfaatnya.

– Brokoli mengandung zat yang dapat meningkatkan kekebalan dasar tubuh. Sebuah penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Diambah lagi nutrisi yang ada di dalamnya akan melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel. Vitamin A, vitamin C, dan glutathione juga banyak terdapat di dalam brokoli.

– Bawang putih mengandung sejumlah antioksidan yang berguna dalam sistem kekebalan tubuh yang dengan cepat membunuh virus penyebab flu. Allicin dalam bawang putih berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Bawang putih ini nantinya akan sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman penyakit.
– Strowberry dan blueberry vitamin C dan bioflavonoid yang terkandung dalam buah berry tersebut sangat baik untuk antioksidan karena dapat mencegah terjadinya kerusakan pada sel dalam tubuh.

-Yogurt adalah minuman olahan hasil fermentasi susu ini mengandung lactobacillus yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh melawan kanker dan infeksi. Fungsi lain dari yogurt adalah meningkatkan jumlah sel darah putih yang bekerja untuk melawan infeksi. Probiotik atau strain hidup juga ditemukan dalam yogurt, yaitu bakteri baik yang bermanfaat untuk menjaga usus dan saluran usus bebas dari kuman penyebab penyakit. Sebuah penelitian dari University of Vienna di Austria menemukan bahwa 7 ons yoghurt akan meningkatkan imunitas sama efektifnya dengan suplemen.

2. Banyak Minum Air
Tubuh kita 70% terdiri atas air sehingga jika kita kekurangan cairan maka tubuh akan mudah terserang penyakit. Kekurangan air hingga dehidrasi juga dapat menyebabkan kelelahan, sakit kepala, migrain, dan cepat stres. Idealnya, tubuh membutuhkan pasokan 2 liter air atau 8 gelas air mineral dalam sehari. Cairan tubuh diperlukan agar metabolisme tubuh lancar. Tubuh juga perlu cairan untuk membuang zat-zat tak berguna, termasuk kuman dari tubuh lewat urine.

Bagaimana mengecek kebutuhan air dalam tubuh kamu? Yang terbaik adalah dengarkan suara tubuh kamu. Saat tubuh merasa haus, penuhi kebutuhan akan air putih hingga rasa dahaga menghilang. Cara lain, coba cek dari warna urine. Jika warnanya kekuning-kuningan, maka ini adalah indikator tubuh kekurangan cairan.

3. Tidur Cukup
Seseorang yang kurang tidur akan lebih cepat emosi dan secara fisikpun akan lebih rentan  tertular penyakit. Saat tidur adalah saat untuk meremajakan pikiran dan tubuh. Tidur juga dapat mengurangi resiko terkena penyakit seperti flu karena hormon kortisol yang dikeluarkan saat tidur dapat meningkatkan fungsi kekebalan tubuh terhadap penyakit.

Faktanya, walau pola makan Anda baik, daya tahan tubuh tetap akan menurun, jika Anda kurang tidur. Waktu tidur yang kurang dapat menurunkan tingkat sel darah putih, yang merupakan bagian dari sistem pertahanan tubuh.  Bahkan, menurut penelitian oleh American Cancer Society, orang yang tidur 6 jam atau kurang dalam semalam, memiliki risiko kematian 1,8 kali lebih tinggi dari orang yang tidur 7-8 jam sehari secara rutin.

4. Yuk bergerak!
Berolahraga adalah cara dasar untuk melancarkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh. Membuat pasokan nutrisi ke seluruh tubuh optimal. Berjalan cepat selama 45 menit adalah pilihan olahraga paling mudah. Meski sederhana, olahraga ini memiliki banyak manfaat, seperti mengurangi risiko penyakit jantung, stroke, memperbaiki metabolisme tubuh, dan meningkatkan imunitas. Olahraga ini juga cocok dilakukan oleh siapa saja dari segala usia.

Untuk mendapatkan hasil terbaik, lakukan  secara rutin 6 kali seminggu. Melakukan sekaligus aktivitas olahraga selama berjam-jam dalam sehari bisa menyebabkan penambahan radikal bebas yang mengakibatkan tubuh menjadi sakit.

5. Tingkatkan Tawa
Dengan tertawa kita dapat memproduksi hormon endorfin. Hormon inilah yang akan membantu meningkatkan sistem imun di dalam tubuh. Sebaliknya, perasaan depresi, stres, sedih, takut, dan pesimistis bisa membuat imunitas tubuh melemah. Untuk itu, pancinglah diri kita untuk tertawa dan merasa bahagia.

Itu tadi cara mudah, murah dan alami yang bisa Fresher coba untuk meningkatkan sistem imun kamu. Semoga bermanfaat ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme