Saat mencuci pakaian, Fresher pastinya akan lebih banyak menggunakan mesin cuci untuk membantu mengerjakan pakaian kotor yang menumpuk. Hanya saja jangan anggap masalah saat mencuci selesai setelah mematikan mesin cuci. Perawatan mesin cuci secara teratur, dimulai dengan membersihkannya, wajib dilakukan agar mesin tak cepat rusak. Kita tentunya tidak menginginkan untuk mengganti mesin cuci setiap tahun. Selain budget yang dibutuhkan cukup besar, para ibu juga tentunya tak ingin memangkas uang belanja yang sudah diposkan.

Gangguan pada mesin cuci biasanya berasal dari residu sabun dan mineral yang ada di dalam deterjen dan menumpuk di dalam mesin. Residu ini bisa merusak mesin atau justru merusak pakaian yang dicuci. Sebenarnya tak sulit untuk membersihkan mesin cuci. Berikut adalah cara membersihkan mesin cuci :

  1. Isi mesin cuci yang kosong dengan air hangat. Kemudian, tambahkan  campuran pemutih pakaian dan cuka ke dalamnya. Nyalakan mesin cuci sekitar satu menit.
  2. Buka tutup mesin cuci dan diamkan campuran pemutih pakaian dan cuka ke dalam mesin cuci selama 30 menit. Di menit akhir, tutup kembali mesin cuci dan nyalakan mesinnya.
  3. Buang air berpemutih. Kemudian isi kembali mesin cuci dengan menggunakan air hangat atau panas. Tambahkan cuka ke dalamnya, putar selama satu menit agar bercampur.
  4. Terakhir buka penutup mesin dan diamkan cairan ini dalam mesin selama beberapa waktu. Kemudian, nyalakan lagi mesinnya selama satu menit untuk ‘merontokkan” semua kotoran dan melarutkannya bersama air.

 Jika sudah tahu cara merawat mesin cuci kesayangan kita, pasti tugas mencuci pakaian jadi lebih ringan ^_^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme