Cara Mencuci Bantal

Karena bahan bantal yang biasanya terbuat dari kapas yang mudah terurai, menjadikan bantal sebagai salah satu benda wajib yang sangat sulit untuk di cuci, Bagaimana Cara Mencuci Bantal ? ada cara yang lebih tradisional yaitu dengan memukul bantal tersebut sehingga debu yang menempel akan berterbangan, namun cara tersebut masih kurang efektif menghilangkan bau serta kotoran yang menempel pada bantal.

Bantal -bantal yang kamu pakai juga harus dan perlu untuk dicuci, setidaknya cucilah bantal kamu setahun sekali. Karena, pada saat pemakaiannya, bantal kamu akan ditempeli oleh kotoran dan kuman, Contohnya saja debu dan juga sel-sel kulit mati. Selain itu dari waktu ke waktu, bantal kamu juga akan menyerap keringat dan juga minyak yang dihasilkan dari kulit tubuh kamu. Dan juga belum lagi jika bantal yang kamu pakai lembap pada bagian dalamnya, bantal dengan kondisi seperti ini bisa sanagt banyak ditumbuhi dan juga di hinggap jamur maupun bakteri hal ini sangat berbahaya jika dibiarkan, berikut ini kami akan membirakan cara-cara membersikan bantal dari berbagai bahan .

Cara Mencuci Bantal Secara Praktis

Cara, untuk membersihkan bantal dengan cara yang sangat mudah dan juga tepat, ada langkh- langkah yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu ketika dan sebelum kamu mencuci bantal tersebut:
Periksalah keadaan bantal kamu apakah masih dalam keadaan yang baik. Yang harus kamu lakukan ialah ratakan bantal terlebih dahulu agar kondisi bahan yang ada pada bantal tersebut tidak hanya menumpuk pada satu sudut saja. seteah itu lipatlah bantal agar bisa dijadikan dua bagian, setelah itu kamu lepaskan. Apabila bantal kembali pada bentuk yang semula, maka hal ini berarti kondisi pada masih sangat bagus. Akan tetapi bila bantal masih terlipat,dan hal ini berarti kamu sudah harus dan juga perlu mengganti isi bantal tersebut.
Pastikan jenis pengisi bantal kamu. Bahan yang berbeda, apakah dakron, silikon, busa, atau bulu angsa, membutuhkan perlakuan yang berbeda pula.

Periksa petunjuk perawatan yang terdapat pada label bantal. Setiap bantal pabrikan biasanya dilengkapi petunjuk untuk merawat dan mencuci sesuai bahan pengisinya.
Kamu juga harus benar-benar memastikan jika tidak akan ada lubang yang akan menyebabkan isi bantal tersebut berkeluaran pada waktu hendak kamu cuci. Dan juga jika ada lubang ataupun sobekan, sebaiknya tambalah ataupun jahitlah sobekan itu terlebih dahulu sebelum hendak kamu cuci.

Berikutnya, kamu juga bisa mencuci dan membersikan bantal dengan bantuan tangan ataupun mesin cuci. Apabila bantal berisi busa ada baiknya dicuci dengan menggunakan tangan saja, namun jika bantal kamu berisi bahan dakron, silikon, ada biaknya cuci dengan menggunakan mesin cuci. Yang terpenting alat yang akan kamu pakai, contohnya saja baskom ataupun mesin cuci, yang bisa dan cukup besar untuk membuat bantal tersebut terendam dengan sempurna

Kemudian yang harus kamu siapkan ialah deterjen cair dan juga air hangat. Sebaiknya gunakan deterjen cair yang sngat ringan dan juga jangan taruh kebanyakan. Apabila kebanyakan, kamu harus membilasnya berkali-kali agar menghilangkan sisa-sisa busa dan juga deterjen pada bantal tersebut. Kegunaan air hangat ialah ia akan membantu dan juga membunuh jamur kuman dan bakteri yang terkandung pada bantal tersebut.

Apabila semua alat dan juga bahan-bahan yang diperlukan sudah siap, maka cucilah bantal dengan prosedur sebagai berikut ini:

Apabila kamu hendak mencuci bantal dengan menggunkan tangan, maka bantal hanya cukup direndam saja dalam air hangat yang sudah  dicampur dengan deterjen cair dengan waktu kurang lebih atau sekitar 30 menit saja. Setelah itu bisa kamu bilas sebanyak tiga kali hal ini berguna agar sisa-sisa deterjen dan juga busa-buasa pada bantal akan benar-benar hilang semua.

Dan apabila kamu memakai mesin cuci, sebaiknya harus kamu pastikan apakah bantal tersebut sudah terendam dengan sempurna di dalam air hangat tersebut. Lalu sebaiknya atur mesin cuci kamu dengan waktu sekitar 10 menitan saja dan juga kecepatan putarannya yang rendah saja. Setelah kamu cuci, maka bilaslah bantal sampai bersih.

Setelah selesai dengan mencuci bantal maka hal yang perlu kamu lakukan ialah mengeringkan bantal. Ikutilah beberapa cara mengeringkan yang harus kamu lakukan:
Peraslah bantal tersebut dengan cara menekan bantal. Dan sebaiknya kamu jangan meremas dan juga memelintir bantal tersebut, hal ini dapat mengubah bentuk aslinya.
Dan jangan sesekali menggunakan alat pengering seperti hair dryer. Harus kamu ingat, bila bantal kamu berbahan busa, keringkanlah dengan cara dikeringkan secara alami.

Setelah itu jemurlah bantal kamu. Jika bahan bantal kamu dakron ataupun silikon, dan guncang-guncanglah bantal tersebut setiap satu jam sekali hal ini berfungsi agar air yang kamu di dalam bantal terurai. Lalu, balik dan taruhlah kembali bantal di jemuran tersebut.
Pastikan dengan benar apakah bantal kamu kering dengan sempurna,

Cara Mencuci Bantal Dacron

Berikut ini langkah-langkah cara mencuci bantal yang berbahan dacron.
Cara mencuci bantal dengan bahan dacron ialah dengan cara dipisahkan kain cover bantal tersebut dengan isinya bantal. Dan juga ada baiknya jika kamu tidak mencampurkan kedua komponen tersebut. Ketika sedang mencuci bantal banyak orang yang berpendapat tidak masalah jika mau mencampur kedua komponen tersebut, akan tetapi yang akan dihasilkan tidak bisa maksimal. Oleh karena itu ada baiknya jika kamu mencuci bantal tersebut secara terpisah, dan setelah itu bilaslah dengan menggunakan air hingga bantal benar-benar sangat bersih dan juga busanya sudah tidak ada.

Kemudian peraslah bantal dengan lembut. Ini berguna untuk mempercepat pengeringan pada cover dacron maupun isi bantal tersebut. Dan perlu kamu ingat, sebaiknya jangan memeras dengan cara yanga sangat berlebihan karena hal tersebut akan mengakibatkan kerusakan pada dacron tersebut.

Sebaiknya kamu jangan menggunakan pemutih karena dacron tidak baik jika dicuci dengan pemutih. Hal ini disebabkan karena pemutih mengandung bahan kimia yang tergolong sangat keras dan juga menyebabkan kerusakan pada struktur bahan pada bantal ataupun guling dacron tersebut.

Lalu keringkan bantal secara alami saja. Sebaiknya bila kamu hendak mengeringkan dacron, kamu tidak boleh mengeringkan dacron tersebut dengan mesin pengering pada mesin cuci. Kerena apabila kamu menggunkan mesin cuci hal ini sama sekali tidak cocok pada bahan bantal seperti dacron. Oleh karena itu, kamu harus mengeringkan bantal tersebut secara alami saja dengan menggunakan sinar matahari.

Dan juga jangan kamu disetrika. Karena panas yang dihasilkan oleh setrika mampu merusak isi bantal dacron tersebut. Sebaiknya, mulai saat ini, isi bantal dacron kamu apabila sudah dicuci dan juga sudah dijemur, langsung saja kamu bungkus lagi ke dalam cover bantal tersebut.
Dan juga sebaiknya kamu jangan pernah men-dry clean. Karena dacron sebaiknya tidak dicuci dengan memakai teknologi seperti yang satu ini. Meskipun teknologi seperti ini sangat membantu kamu untuk menghemat tenaga maupun waktu, akan tetapi ini sangat tidak bisa digunkan untuk bahan dacron.

Cara Membersihkan Bantal Boneka

Masukanlah bantal boneka pada kantung laundry ataupun sarung bantal. Setelah itu ikatlah kantungan pada laundry ataupun bantalnya. Ikat dengan rapat. Hal ini berguna agar bantal boneka tersebut tidak keluar dari kantung tersebut. Menggunakan kantung tersebut bisa membuat bantal boneka tidak akan rusak dan juga bulu-bulu pada bantal boneka tidak akan rontok ke mana-mana ketika saat pencucian bantal boneka di laundry tersebut dilakukan.

Kemudian masukanlah kantung pada laundry/bantal yg sudah kamu diisi bantal boneka pada mesin cuci setelah itu aturlah kecepatan pada mesin cuci tersebut ke speed yg sangat slow atau pelan lalu masukanlah deterjen. Sebaiknya takaran deterjen harus sesuai untuk digunakan mencuci bantal boneka dan juga jangan sebanyak takaran deterjen ketika kamu hendak mencuci baju atau pakaian biasa. Hanya butuh seperempat takaran deterjen saja.

Setelah itu bilas bantal boneka yg sudah dicuci dengan menggunaka air bersih dan pada saat membilasnya, kamu tidak perlu menambahkan softener atau pelembut agar dapat membuat bantal boneka kamu menjadi lembut.

Sesudah kamu membilas, lalu peraslah bantal boneka tersebut . Ditekan-tekan dengan tangan tangan kamu atau bisa juga diinjak-injak agar keluar sisa airnya.

Lalu keringkanlah bantal boneka yg baru saja dicuci dengan cara di jemur di bawah matahari atau bisa jemur pada ditempat yang juga teduh.

Apabila sudah kering, rapikanlah kembali bulu-bulu bantal boneka dengan menggunakan jari tangan anda. Sebaiknya janganlah memakai sisir binatang yang bisa merusak bantal boneka kamu. Kalaupun mau menggunakan sisir gunakanlah sisir datar gerigi jarang dan kamu boleh saja menyisir batal boneka asalkan menyisirnya jangan terlalu kencang dan juga harus hati-hati.

Cara Membersikan Bantal Kapuk

Cara merawatan batal kapuk bisa kamu lakukan tiap hari. Caranya kamu hanya cukup menepuk – nepuk pada bagian bantal setiap kali ketika mau membersihkan atau merapikan tempat tidurkamu, selain itu kamu juga bisa menjemur bantal tersebut secara rutin ini berfungsi agar mencegah pertumbuhan jamur dan juga bau apek. Ada baiknya , gunakanlah protector berbentuk spray aaupun semprot agar bantal kamu lebih tahan terhadap kotoran yang ada. Dan ada baiknya juga kamu untuk mengganti bantal pada empat atau lima tahun sekali, sesuai dengan usia pemakaiannya.

Cara Merawat Bantal Bulu Angsa

Inilah cara merawat bantal dengan bahan bulu angsa

Sebaiknya kamu harus mencuci bantal bulu angsa paling tidak 1 kali atau 2 kali dalam 1 tahun dengan menggunakan alat atau menggunkan mesin cuci dan juga pakailah air yang masih hangat kemudian tambahkan dengan deterjencair.

Langkah selanjutnya, apabila sudah dicuci cobalah mengeringkan bantal bulu angsa tersebut dalam waktu lima belas atau dua puluh menit dan sebaiknya temperaturnya medium agar bulu angsa tidak akan mengering dan terbakar. Apabila sudah kamu dikeringkan, maka selanjutnya yang harus kamu lalukan ialah mengeluarkan bantal bulu angsa dpada mesin cuci untuk lalu ‘ditepuk-tepuk’.

Lalu berikutnya yang harus kamu lakukan ialah memasukan bantal bulu angsa ke dalam mesin pengering agar bantal tersebut lekas kering.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme