Usaha Laundry

Tehnik mencuci batik menggunakan lerak adalah cara tradisional yang sudah dilakukan semenjak dari zaman nenek moyang kita, dan memang sudah terbukti paling bagus untuk merawat batik, berikut teknik cara mencuci batik dengan menggunakan lerak :

  1. Masukan Sabun Lerak secukupnya kedalam ember yg telah diisi air 2-3 Liter air (untuk kapasitas mencuci perpiece/perpotong).
  2. Rendam batik kedalam larutan sabun Lerak sekitar 15-30 menit.
  3. Saat mencuci, batik jangan dikucek atau diperas, cukup dengan diangkat-celup saja. Untuk bagian yg terlihat kotor seperti kerah, gunakan jari anda untuk menggosok-gosokan secara lembut bagian tersebut agar kotorannya hilang.
  4. Bilas batik dengan cara merendam ke dalam air bersih sekitar 5 menit dengan cara diangkat-celup juga, jangan pakai softener, cukup dengan air bersih.
  5. Setelah selesai membilas, angkat batik dan serap airnya dengan handuk sambil diremas-remas lembut. Jangan memeras batik karena dapat menghancurkan serat dan merusak bentuknya.
  6. Pasang batik di hanger lalu jemur di tempat teduh, jangan terkena sinar matahari langsung.
  7. Setelah batik kering, jangan menyetrikanya dengan setrika biasa, gunakanlah hand steamer untuk melicinkan dan merapikannya.
Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme