Keindahan suatu rumah sebenarnya di dukung oleh elemen-elemen kecil seperti taman, pintu, jendela bahkan pada gorden dan vitrage yang kita pasang. Karena hanya berfungsi sebagai elemen pendukung, maka kita akan mudah melupakannya dan menganggapnya sebagai materi yang kecil. Hal ini juga akan kita lakukan pada gorden dan vitrage rumah kita. Pernahkah sejenak Fresher berfikir sudah berapa lama Gorden rumah kita tidak diganti? Ya.. tentunya akan terjawab waktu yang cukup lama. Akibatnya debu yang menempel pada gorden dan vitrage akan banyak terkumpul. Ketika mencuci, kita juga akan malas dan merasa sangat berat. Terlebih dengan resiko rusak karena proses pencuciannya. Agar gorden dan vitrage kita dapat terjaga dengan baik, berikut adalah tips yang bisa digunakan untuk mencuci gorden dan vitrage rumah kita.

  1. Idealnya, gorden harus dicuci dan dibersihkan setiap tiga bulan sekali. Sedangkan vitrage-nya dibersihkan setiap satu bulan sekali, sebab vitrage ini lebih cepat kotor bila dibandingkan dengan gorden.
  2. Sebelum mencuci Gorden dan Vitrage yang perlu diingat saat sebelum mencuci, kawat, smock ring, dan besi yang ada pada gorden harus dilepas. Ini untuk menghindari karat yang bisa menyebabkan rusaknya gorden.
  3. Agar gorden dan vitrage lebih bersih, sebaiknya rendam dulu dalam air panas selama kurang lebih 2 – 3 jam. Hal ini berguna untuk menghilangkan lemak dan kotoran yang agak susah dihilangkan.
  4. Selain itu gunakan juga garam dapur untuk merendamnya. Agar lebih tercampur dengan air panas gunakan garam halus. Aduk hingga larut.
  5. Setelah direndam, baru gorden dan vitrage dicuci dengan di-kucek ataupun dengan menggunakan mesin cuci. Namun, fresher harus memperhatikan jenis dan bahan gorden serta vitrage tersebut. Untuk vitrage yang polos (tanpa rumbai-rumbai atau bordiran) dapat dicuci menggunakan mesin cuci. Namun khusus untuk vitrage yang berumbai dan berbordir, sebaiknya dicuci dengan tangan saja—jangan menggunakan mesin cuci, jangan pula disikat. Karena itu semua bisa mengakibatkan rusaknya vitrase.
  6. Gorden dari bahan chenille harus dicuci kering, karena kalau dicuci cara biasa bisa menciut. Sedangkan bahan beludru bisa dicuci sendiri asal jangan memeras dengan cara memelintirnya, sebab akan membuat bulu-bulunya rontok. Namun kalau Anda ingin aman, sebaiknya cuci bahan beludru ini di tempat pencucian dry clean.
  7. Jika gorden dilengkapi pelmet. Untuk mencucinya, cukup siram dengan air dan sikat dengan sikat yang berbulu halus. Ini supaya tidak merusak kain keras yang ada pada kain. Selain itu, apabila gorden Fresher menggunakan renda-renda yang berwarna-warni, terutama untuk pencucian pertama, sebelum mencelupkan seluruh gorden ke dalam air, lakukan tes kecil pada renda tersebut. Renda, sebelum dicuci bersama dengan gorden, sebaiknya dites dulu untuk mengetahui luntur atau tidak. Celupkan sedikit renda berwarna pada air, bila warna renda tidak luntur, maka Fresher aman mencucinya. Namun bila renda tersebut luntur, maka mau tidak mau, Fresher harus mencopotnya lebih dulu, dan mencucinya secara terpisah.

Jika kita tahu cara mencucinya, maka gorden dan vitrage akan terawatt dengan dengan baik ^_^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme