Menemukan Peluang Usaha

Kebanyakan orang memiliki cita-cita untuk memiliki usaha sendiri, namun masih bingung untuk menentukan jenis usaha yang akan ditekuni. Langkah awal ini sangat penting untuk menemukan peluang usaha yang sesuai karena dapat menjadi faktor penentu kelancaran usaha Anda.

Ide bisnis berasal dari analisis terhadap tren pasar dan kebutuhan konsume. Jika Anda akan memulai usaha namun masih mengalami kebingungan dalam memilih produk atau jasa yang akan dijual, maka Anda perlu mengeksplorasi cara untuk mendapatkan ide usaha. Berikut beberapa langkahnya:

1.Mengeksplorasi ketrampilan yang Anda miliki

Jika Anda memiliki ketrampilan atau bakat dapat Anda manfaatkan untuk menciptakan suatu peluang usaha. Misalnya Anda memiliki kemampuan dalam hal memasak sehingga dapat menciptakan peluang usaha di bidang kuliner. Untuk menemukan ide bisnis yang layak, tanyakan pada diri Anda “Apa yang bisa saya lakukan, apa kemampuan yang saya miliki dan orang akan bersedia membayar produk atau jasa saya tersebut?”

2.Amati trend yang sekiranya dapat menjadi peluang bisnis

Dengan mengikuti perkembangan jaman, Anda akan dapat mengidentifikasi tren pasar, mode terbaru, dan gagasan-gagasan yang memiliki kemungkinan bisnis

3.Ciptakan produk atau jasa baru

Anda juga dapat menciptakan produk atau jasa baru. Namun untuk menciptakan produk atau jasa baru Anda perlu perencanaan dan analisis yang matang. Anda dapat melakukan pengamatan terhadap lingkungan di sekitar Anda, apa yang sekiranya menjadi kebutuhan masyarakat. Dari sana Anda bisa mendapatkan ide baru untuk menciptakan produk atau jasa yang dapat menjadi solusi bagi kebutuhan masyarakat di sekitar Anda. Misalnya wilayah sekitar Anda adalah lingkungan kos-kosan pegawai yang tidak punya waktu untuk mencuci, maka Anda dapat menjalankan bisnis laundry untuk memberikan solusi bagi mereka

4.Tambahkan nilai produk yang sudah ada

Anda juga dapat memulai bisnis Anda dengan memberikan nilai tambah dari bisnis yang sudah dijalankan oleh orang lain. Dengan inovasi yang Anda lakukan akan menambah nilai jual produk Anda. Sebagai contoh di sekitar Anda suah ada usaha laundry, maka Anda dapat berinovasi lebih dengan memberikan layanan delivery service, layanan cuci kilat, atau menggunakan bahan baku yang lebih berkualitas dari usaha sejenis yang sudah ada.

5.Penelitian pasar

Pencarian ide bisnis atau peluang usaha melalui penelitian pasar ini sangat penting dilakukan untuk jenis usaha yang membutuhkan investasi yang cukup besar. Penelitian pasar untuk bisnis yang lebih besar mungkin melalui beberapa tahapan seperti persiapan, pengumpulan dan pengolahan data, analisis, dan penarikan kesimpulan. Lihatlah bisnis yang sudah ada dan produk dan jasa yang mereka tawarkan dan menentukan apakah ada kebutuhan untuk lebih dari produk-produk atau jasa. Jika ada, mengembangkan ide-ide bisnis agar sesuai dengan celah pasar.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme