olahraga

Cara Mengantisipasi Dehidrasi Saat Olahraga, Apa yang Fresher rasakan setelah olahraga? Segar, berkeringat. Tubuh menjadi ringan? Atau apakah mulut Anda kering dan pusing saat olahraga? Menurut womenshealth.co.id kalau Anda mengalami gejala yang terakhir, itu tandanya Anda menderita dehidrasi. Berikut ini ada beberapa cara agar tubuh tetap terhidrasi saat olahraga.

1. Minum air sepanjang hari
Banyak orang menganggap bahwa sebelum latihan fisik, mereka perlu minum banyak air putih. Pemikiran ini keliru. Minum air cukup banyak sebelum latihan fisik bisa membuat kembung dan kram. Sebaiknya Anda minum air putih sepanjang hari agar terhidrasi dengan baik saat melakukan latihan fisik.

2. Minum sedikit demi sedikit
Ketika berkeringat, tubuh kehilangan banyak cairan. Jadi, Fresher perlu minum sedikit demi sedikit air putih selama latihan fisik. Takaran idealnya adalah sekitar 250 ml setiap 15 menit. Jika  melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi, Fresher cukup minum air putih. Namun bila Fresher melakukan latihan fisik dengan intensitas tinggi dalam waktu cukup lama, Fresher perlu minum minuman olahraga atau air kelapa untuk membantu menggantikan elektrolit tubuh yang hilang.

3. Konsumsi buah dan sayur
Buah dan sayur mengandung cairan dan elektrolit. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsumsi buah dan sayur disertai dengan minum air putih agar tetap terhidrasi.

4. Berhenti jika kepala terasa pusing
Fresher sebaiknya berhenti melakukan latihan fisik bila merasa pusing. Sebab, pusing adalah tanda dehidrasi.

5. Jangan minum air terlalu banyak
Sama seperti makan, kita juga perlu menjaga asupan cairan agar tetap seimbang. Sebab, tubuh yang kekurangan cairan akan mengalami dehidrasi.  Di sisi lain, terlalu banyak minum air bisa menyebabkan hiponatremia, kondisi dimana kadar natrium darah menjadi rendah.

Coba yuk Fresher praktekkan tips di atas agar hasil olahraga yang kita lakukan lebih maksimal.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme