Untuk memulai sebuah usaha, diperlukan sebuah rencana bisnis yang matang. Untuk itu Anda harus memulainya dengan mengumpulkan sebanyak mungkin informasi yang berkaitan dengan usaha Anda nantinya sehingga dapat menjadi bahan bagi Anda untuk menyusun sebuah business plan. Setidaknya terdapat tujuh komponen dalam menyusun business plan, yang mana kesemuanya itu penting, saling terkait dan berhubungan dalam perencanaan bisnis sehingga dapat menghasilkan sebuah persiapan yang baik untuk memulai sebuah bisnis.

1. Ulasan deskripsi bisnis

Pada bagian ini Anda harus menjelaskan bidang usaha yang akan dijalankan. Anda juga harus memberikan penjelasan rinci mengenai potensi produk yang akan dihasilkan di masa mendatang. Selain itu perlu juga diberikan informasi peluang pasar serta proyeksi perkembangan produk mengikuti perkembangan pasar yang ada.

2. Strategi pemasaran

Strategi pemasaran yang nantinya akan dijalankan merupakan hasil dari analisis pasar yang dilakukan secara cermat. Analisa pasar ini merupakan kekuatan yang harus digunakan untuk menciptakan target pembeli, untuk itu Anda harus memahami seluruh aspek yang berkaitan dengan pasar sehingga target penjualan dapat ditentukan.

3. Analisa pesaing

Hal ini berfungsi untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan dari kompetitor Anda. Dari hal tersebut Anda dapat mencari strategi pemasaran yang efektif dibandingkan dengan kompetitor Anda. Selain itu, dengan melakukan analisis tersebut, Anda juga dapat terus berinovasi dan mengembangkan produk yang lebih baik dibandingkan dengan kompetitor.

4. Rencana desain & pengembangan

Rencana desain dan pengembangan diperlukan untuk menunjukkan tahap perencanaan produk serta pengembangan dalam konteks produksi dan penjualan. Hal ini berfungsi untuk membuat rencana anggaran biaya produksi yang sesuai denga kebutuhan.

5. Rencana operasional dan manajemen

Rencana operasional ini berfungsi untuk menjelaskan bagaimana operasional bisnis akan berjalan. Rencana ini berfokus pada kebutuhan logistik perusahaan serta kebutuhan anggaran dan pengeluaran yang berkaitan dengan operasional perusahaan.

6. Pembiayaan

Pembiayaan menjadi unsur penting dalam sebuah business plan yang meliputi sumber dana, pengaturan anggaran secara efisien, dan sebagainya.

7. Kesimpulan usaha

Tahapan terakhir adalah membuat kesimpulan dari usaha Anda. Di sini Anda juga dapat mencantumkan timeline dari usaha Anda.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

WordPress Theme