gorden

Gorden (gordyn) seringkali luput dari perhatian kita saat membersihkan rumah, betulkan Fresher?. Padahal gorden adalah benda yang dapat terlihat dengan jelas oleh tamu bila kotor dan tidak terawat. Meskipun tidak harus sesering membersihkan rumah, gorden tetap perlu dibersihkan secara teratur agar tidak mengganggu keindahan rumah Fresher.

Untuk beberapa  jenis  gorden terutama yang modelnya agak rumit, memang laundry adalah pilihan  paling pas  untuk  menyelesaikannya. Tapi untuk beberapa jenis gorden tertentu sebenarnya  bisa kita cuci sendiri di rumah, lho Fresher. Kali ini Mr. Fresh akan berbagi tips cara merawat gorden

1. Frekuensi Membersihkan Gorden

Bingung berapa  kali  idealnya mencuci  gorden?  Terlalu sering  mencuci gorden  selain ribet saat melepas dan memasangnya  kembali, juga bisa membuat  warna gorden jadi cepat pudar. Sebenarnya cukup  kok,   mencuci gorden  dengan jarak  3 bulan dari atau ke pencucian berikutnya.  Jadi  dalam setahun   kita hanya  perlu mencuci  gorden  sebanyak 4 kali, lho. Tuh kan, ga serepot  yang dibayangkan, ya?

2. Perhatikan Bahan Gorden

Perhatikan  tag wash  atau keterangan lain yang tercantum pada  kemasan waktu  pertama kali membeli gorden.  Ada  gorden yang bisa dicuci dengan bantuan mesin cuci atau harus dicuci dengan tangan agar tidak merusak  bahan atau lebih aman  dikirim ke laundry karena  detil yang rumit seperti  lipitan  pada  gorden atau bahan  yang   mudah rusak seperti sutra, rayon atau  wol misalnya.

3. Singkirkan Debu Sebelum Dicuci

Untuk meringankan pekerjaan kita saat membersihkan gorden, sebaiknya  gunakan bantuan vacuum cleaner sebelum dicuci. Bersihkan  gorden dengan menggerakan vacuum  cleaner yang mengarah dari atas ke bawah. Jangan bingung kalau tidak punya  vaccum  cleaner,karena kita juga bisa menggunakan kemoceng atau lap basah.

4. Saat Mencuci

Langkah selanjutnya adalah dengan mencuci gorden baik dengan mesin cuci atau cara manual, alias  dicuci dengan tangan. Kalau  mau menggunakan mesin cuci, sebaiknya  pisahkan  gorden dengan pakaian  agar tidak  terkena lunturan dari pakaian berwarna. Lagi pula kalau dicuci tersendiri juga membuat tabung lebih leluasa berputar, tidak tersendat, karena terlalu banyak  bahan yang dicuci.

5. Saat Dijemur

Agar warrna gorden tidak pudar,  sebaiknya  jangan terkena sinar matahari langsung saat menjemur.  Jangan lupa  untuk memerhatikan detail  pada gorden (misalnya saja surai atau  renda) dengan menjepitnya saat menjemurnya agar bentuknya tidak  berubah ketika kembali dipasang.

gorden ini  mudah  sekali memudah warnanya karena  terkena paparan sinar matahari lebih  intens.  Agar  tidak  terlihat belang., Sesekali  balik posisi  gorden agar warna gorden tidak cepat belel alias  pudar.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme