Membersihkan Bantal Sofa

Bagian paling sulit membereskan ruang tamu adalah bagian karpet dan sofa. Membersihkan Bantal Sofa, salah satu yang harus mendapatkan perhatian adalah bantalnya. Bantal sofa terlebih jika berwarna terang seperti warna putih atau warna-warna pastel biasanya akan lebih mudah kotor.

Untuk menjaganya agar tetap bersih dan terawat, berikut adalah beberapa Cara Membersihkan Bantal Sofa dari Mr. Fresh.

1. Menggunakan Vacuum Cleaner

Hal pertama yang perlu Fresher lakukan adalah membersihkan bantal sofa sepenuhnya menggunakan vacuum cleaner untuk mengangkat remah-remah dan debu yang menempel. Selain itu, beberapa serat kain juga biasanya dapat menyebabkan kita bersin-bersin sehingga wajib untuk dibersihkan.

Jika Fresher memiliki hewan peliharaan seperti anjing atau kucing, Fresher juga harus mempertimbangkan salah satu produk yang dirancang khusus untuk menghilangkan rambut hewan peliharaan yang menempel pada karpet atau pada sofa yang berbahan kain. Namun jika Fresher tidak memilikinya, Fresher bisa saja memanfaatkan sarung tangan karet yang dibasahi untuk mengusap bantal tersebut agar bulu-bulu binatang yang rontok bisa diambil dengan mudah.

2. Cara membersihkan noda-noda ringan pada bantal sofa

Jika Fresher memiliki noda ringan di bantal, Fresher bisa mencoba membersihkannya di bagian itu saja. Untuk menjaga agar bantal tidak mudah rusak, sebaiknya segera membersihkannya sesaat setelah noda mengenainya.

Jika ada tumpahan kopi atau teh, segera serap dengan menggunakan kain yang bisa menyerap seperti kain microfiber. Hindari menggosok-gosokkan permukaan bantal karena akan menyebabkan cairan yang tumpah meresap lebih jauh kedalam bantal.

Cara menyerap noda atau tumpahan air, melakukan tekanan lembut pada kain tersebut dan jangan lupa meletakkannya dengan cara terbalik agar air tidak mudah masuk ke dalam bantal.

Fresher juga bisa menggunakan pembersih yang memang diformulasikan khusus untuk membersihkan noda. Namun biasanya pembersih tersebut membutuhkan beberapa waktu atau beberapa menit untuk bisa menembus dan membersihkan noda.

3. Membersihkan noda yang lebih sulit pada bantal sofa

Jika ada noda yang lebih bandel, Fresher bisa memanfaatkan steamer yang dirancang khusus untuk membersihkan furniture. Selain bisa membersihkan bagian yang terkena noda saja, sebenarnya stimar juga sangat baik bila digunakan untuk membersihkan seluruh bagian sofa.

4.Mencuci sarung bantal

Sarung bantal bisa dicuci dengan cara manual atau dengan menggunakan mesin cuci.

Namun karena beberapa sarung bantal dibuat dengan renda-renda, dan beberapa diantaranya memiliki sulaman-sulaman, Fresher tetap harus berhati-hati saat mencuci.

Jika menggunakan mesin cuci, pastikan menggunakan putaran yang pelan agar tidak merusak sarung bantal tersebut. Jika dicuci dengan cara manual, sebisa mungkin hindari menyikat sarung bantal.

5. Membersihkan bantal sofa dari kain flanel

Beberapa bantal sofa biasanya menggunakan kain flanel di bagian luarnya sehingga sangat sulit untuk dikeringkan apabila terkena air. Jadi, berhatilah-hatilah saat menggunakan jenis bantal yang satu ini. Jangan pernah memasukkannya ke dalam mesin cuci untuk dicuci, karena beratnya dapat menyebabkan kerusakan mensin cuci. Sebaliknya, carilah waktu-waktu di mana cuaca sangat panas untuk mencuci, karena kain flanel tidak mudah ditembus oleh panas sehingga bantal akan sangat sulit untuk kering.

Cara paling aman untuk mencuci bantal sofa adalah dengan mencucinya secara manual menggunakan tangan. Fresher bisa menggunakan deterjen biasa atau cuka untuk membantu mengangkat noda-noda yang sulit dibersihkan. Setelah itu pastikan menjemurnya di bawah sinar matahari terik. Karena apabila sulit kering, bantal bisa mengeluarkan bau tidak sedap atau bau apek. Untuk membersihkan dan mengeringkan bantal sofa, biasanya dibutuhkan waktu lebih dari satu hari.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme