Memilih bisnis yang tepat seringkali menjadi perkara yang perlu dipikirkan secara matang sebelum kita terjun ke dunia bisnis. Memang tidak pernah mudah untuk menemukan ide usaha yang paling cocok dengan kita, apalagi ada banyak peluang yang ada di sekitar kita. Kesalahan dalam memilih ide usaha sering menjadi penyebab gagalnya usaha yang dirintis. Kita bisa menemukan berbagai ide usaha melalui media internet, koran, dan televisi, bahkan ide usaha dapat diperoleh dari lingkungan di sekitar kita. Berikut beberapa tips yang dapat diterapkan untuk memilih bisnis yang tepat.

1.      Passion atau minat

Berbisnis adalah sebuah kegiatan yang berkelanjutan. Keberhasilan selalu berdampingan dengan ketekunan, tidak ada usaha yang tiba-tiba menjadi besar. Oleh sebab itu hendaknya kita memilih bidang usaha yang berhubungan dengan passion atau minat kita. Dalam mengerjakan sesuatu yang sesuai dengan minat kita tidak akan membuat kita merasa jenuh, dan ini sangat baik ketika kita berwirausaha. Disamping itu menjalankan usaha yang sesuai dengan minat akan lebih memperbesar prosentase keberhasilan usaha yang kita tekuni, sebab kita akan sangat bersemangat dan bahagia saat harus menjalani kegiatan usaha.

2.      Kapabilitas atau kemampuan

Baik dan tidaknya perjalanan usaha kita akan sangat ditentukan oleh kemampuan kita menjalankan bidang usaha yang kita pilih. Oleh karena itu hendaknya pilih bidang usaha yang kita memang ada kemampuan untuk menjalankannya. Meski kemampuan ini bisa kita upgrade atau tingkatkan dengan belajar, namun alangkah lebih baik jika kita memulai usaha dengan sesuatu yang kita memang sudah memiliki kemampuan untuk bidang tersebut.

3. Pertimbangkan opsi franchise

Banyak pengusaha baru yang mempertimbangkan untuk membeli franchise daripada memulai usaha dari awal. Hal ini disebabkan karena dengan bisnis franchise, pebisnis pemula akan memperoleh fasilitas pendampingan bisnis dari pihak franchisor yang pastinya akan sangat memudahkan dalam memulai bisnis. Selain itu, bisnis franchise juga telah memiliki brand yang dikenal secara luas, sehingga tidak perlu kesulitan membangun brand dari awal karena telah memiliki pangsa pasar dan konsumen yang jelas.

Bagi anda yang sedang bingung dalam memilih bisnis, bisnis laundry dapat menjadi salah satu alternatif pilihan, dimana  bisnis laundry selalu menguntungkan, akan selalu hidup dan memiliki pangsa pasar luas.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme