Selamat datang di Pulau Nias..!!

Apakah Nias akan menjadi salah satu destinasi wisata yang masuk dalam whislist traveling tahun 2018? Tradisi apakah yang saat ini menjadi kebanggaan di Pulau Nias? Simak yuk ulasan berikut ini.

Tradisi Fahombo
===============
Saat Fresher berkunjung ke Pulau Nias, Fresher akan disuguhkan dengan suatu tradisi unik namun begitu kental melekat di masyarakat Pulau Nias. Tradisi Fahombo atau lebih dikenal dengan tradisi lompat batu merupakan tradisi ritual yang biasanya dilakukan oleh para pemuda dengan cara melompati tumpukan batu setinggi dua meter dan 40cm. Menurut beberapa sumber, tradisi ini bermula pada saat terjadi perang antar desa di Pulau Nias. Masing-masing desa membentengi wilayahnya dengan batu setinggi 2 meter, sehingga untuk mengalahkan kubu musuh maka harus dapat melewati benteng setinggi 2 meter tersebut.

Seiring berjalannya waktu, Tradisi Fahombo saat bertujuan untuk menunjukkan apakah pemuda di Pulau Nias secara fisik udah dewasa atau belum. Selain itu tradisi ini juga menjadi media untuk membentuk karakter pemuda yang kuat dan tangkas dalam menjalani kehidupan. Biasanya mulai usia 7 tahun, anak laki-laki di Pulau Nias berlatih melompati tali yang terus kan semakin tinggi seiring dengan bertambahnya usia anak laki-laki tersebut. Saat tradisi berlangsung, biasanya seluruh warga kampung ikut menyaksikan.

Peserta akan memakai baju pejuang Nias. Dikatakan berhasil apabila peserta tersebut mampu melompati batu setunggi 2 meter tersebut tanpa menyentuhnya sama sekali. Pemuda yang berhasil melompati batu tersebut akan menjadi suatu kebanggaan tersendiri dan juga bagi keluarganya. Namun, tradisi Fahombo saat ini hanya bisa dinikmati di beberapa wilayah di Pulau Nias, salah satunya di Desa Bawomataluo. (Diolah dari berbagai sumber)

Nah bagaimana Fresher? Tertarik untuk menyaksikan tradisi dari Pulau Nias. Rencanakan sedari sekarang ya Fresher. Semoga ulasan diatas bisa menjadi referensi travelingmu.

Simply Fresh. JUARANYA LAUNDRY KILOAN ????

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme