david-reed-peneliti

Kami akan Mengungkap Fakta Manusia, Peneliti utama David Reed, kurator asosiasi mamalia di Museum Sejarah Alam Florida, kampus UF, mempelajari kutu pada manusia modern untuk lebih memahami evolusi manusia dan pola migrasinya. Studi terbarunya selama lima tahun menggunakan pengurutan DNA untuk menghitung ketika kutu pakaian pertama mulai menyimpang secara genetik dari kutu kepala manusia.

“Kami ingin menemukan metode lain untuk menentukan saat manusia pertama kali mulai mengenakan pakaian,” kata Reed. “Karena begitu baik dalam beradaptasi dengan pakaian, kami tahu bahwa kutu tubuh atau kutu pakaian hampir pasti tidak pernah ada hingga pakaian muncul pada manusia.”

Data menunjukkan bahwa manusia modern mulai mengenakan pakaian sekitar 70.000 tahun sebelum bermigrasi ke daerah beriklim dingin dan lintang yang lebih tinggi, yang dimulai sekitar 100.000 tahun yang lalu. Penanggalan ini akan hampir mustahil untuk ditentukan dengan menggunakan data arkeologi karena pakaian awal tidak akan bertahan pada situs arkeologi.

Penelitian ini juga menunjukkan bahwa manusia mulai mengenakan pakaian secara baik setelah mereka kehilangan rambut di tubuh, mengungkap fakta manusia di mana penelitian genetik warna kulit menunjuk pada sekitar 1 juta tahun yang lalu. Artinya, manusia telah cukup menghabiskan banyak waktu tanpa rambut tubuh dan tanpa pakaian, kata Reed.

“Sungguh menarik untuk berpikir bahwa manusia mampu bertahan hidup di Afrika selama ratusan ribu tahun tanpa pakaian dan tanpa rambut tubuh, dan bahwa hal itu tetap bertahan sampai mereka memiliki pakaian yang membuat manusia modern kemudian keluar dari Afrika ke bagian dunia lain,” kata Reed.

Sebuah studi tentang kutu pakaian pada tahun 2003 yang dipimpin oleh Mark Stoneking, ahli genetika di Institut Max Planck di Leipzig, Jerman, memperkirakan bahwa manusia pertama kali mulai mengenakan pakaian sekitar 107.000 tahun yang lalu. Namun penelitian UF meliputi data baru dan metode perhitungan yang lebih cocok untuk pertanyaan tersebut.

“Hasil studi terbaru pada kutu merupakan penanggalan yang tak terduga untuk pakaian awal, jauh lebih tua daripada bukti solid arkeologi paling awal, tapi masuk akal,” kata Ian Gilligan, dosen di Sekolah Arkeologi dan Antropologi di Universitas Nasional Australia. “Artinya, manusia modern mungkin mulai memakai pakaian secara teratur agar tetap hangat ketika mereka pertama kali memasuki kondisi Zaman Es.”

Zaman Es akhir terjadi sekitar 120.000 tahun yang lalu, namun penanggalan penelitian menunjukkan bahwa manusia mulai mengenakan pakaian pada Zaman Es sebelumnya, 180.000 tahun yang lalu, menurut perkiraan suhu dari studi inti es, kata Gilligan. Manusia modern pertama muncul sekitar 200.000 tahun yang lalu.

Karena hominin purba tidak meninggalkan keturunan kutu pakaian untuk sampling, penelitian ini tidak mengeksplorasi kemungkinan hominin purba di luar Afrika berpakaian dengan cara tertentu 800.000 tahun yang lalu. Namun sementara manusia purba mampu bertahan untuk banyak generasi di luar Afrika, manusia modern hanya bertahan di sana hingga saat ini.

“Hal-hal yang mungkin telah membuat kita jauh lebih berhasil dalam usaha ratusan ribu tahun kemudian adalah teknologi seperti penggunaan api terkendali, kemampuan menggunakan pakaian, strategi berburu baru dan alat-alat batu baru,” kata Reed.

Informasi lebih lanjut: M. A. Toups, A. Kitchen, J. E. Light, D. L. Reed. Origin of Clothing Lice Indicates Early Clothing Use by Anatomically Modern Humans in AfricaMolecular Biology and Evolution, 2010; 28 (1): 29 DOI: 10.1093/molbev/msq234

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme