credit pictures : https://www.grouponworks.com
credit pictures : https://www.grouponworks.com

Dalam berbisnis waralaba, terdapat berbagai faktor yang dapat menentukan keberhasilan bisnis. Tentunya jika ingin berhasil, Anda harus memilih waralaba yang meyediakn produk terbaik.Selanjutnya, memilih waralaba dengan merk yang sudah dikenal masyarakat tentunya juga akan menjadi daya tarik bagi konsumen untuk mencoba produk yang Anda jual dan akan memudahkan Anda dalam mempromosikan bisnis Anda. Namun selain hal-hal tersebut juga terdapat faktor lain yang perlu diperhatikan :

1.Lokasi bisnis
Lokasi merupakan faktor yang penting untuk dipertimbangkan sebelum Anda memulai suatu bisnis. Penting untuk mempertimbangkan lokasi yang strategis dan mudah diakses. Selain itu lokasi pembukaan bisnis juga masih potensial dan tidak terlalu ramai denga pesaing. Lokasi juga harus dekat dengan market yang akan dibidik sehingga memiliki rencana promosi yang jelas ke depannya.
2.Pelatihan yang benar
Paket bisnis waralaba biasanya sudah termasuk dengan training dan SOP seputar bisnis yang Anda jalankan. Oleh karenanya penting bagi Anda untuk ikut serta dalam pelatihan yang diberikan, sehingga sebagai franchisee Anda paham betul mengenai operasional bisnis yang dijalankan. Hal ini juga berguna jika suatu saat Anda memiliki pegawai baru, Anda dapat ikut serta mentraining tanpa harus mengambil paket re-training dari franchisor. Jika Anda tidak mengikuti training yang diberikan dan tidak memahami operasional bisnis, maka besar kemungkinan kegagalan akan menghampiri Anda
3.SDM yang tepat
Rencana bisnis sebesar apapun tidak akan berhasil tanpa adanya orang yang menggerakkannya. Oleh karenanya Anda juga perlu merekrut orang yang tepat untuk membantu Anda menggerakkan roda bisnis. Karyawan yang berkompeten dan profesional adalah faktor yang penting bagi bisnis waralaba Anda. Sehingga Anda perlu memilih orang yang tepat dan dapat diajak bekerjasama agar bisnis Anda dapat berkembang sesuai harapan.
4.Dana yang memadai
Dana yang memadai sangat diperlukan, karena rata-rata waralaba sudah menyiapkan paket investasi yang baku. Apalagi jika Anda memilih jenis bisnis yang cukup kompleks ataupun waralaba dengan merk yang sudah cukup terkenal, maka biasanya mereka memiliki harga investasi yang lebih tinggi. Selain menyediakan dana sesuai paket investasi, ada baiknya Anda juga menyiapkan dana cadangan. Dana cadangan ini akan berguna untuk membackup operasional bisnis Anda, dan juga dapat Anda manfaatkan untuk pengembangan bisnis Anda ke depannya. Oleh karenanya, Anda dapat menganggarkan 10% dari total investasi waralaba Anda sebagai dana cadangan.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme