A Very Good Morning

“If you want  to make your dreams come true, the first thing to do is wake up.”
Pagi hari adalah awal kita memulai semua aktifitas. Banyak orang percaya bahwa pagi yang baik akan membuat keseluruhan hari berjalan baik pula. Cek yuk apakah hal-hal di bawah ini sudah kita lakukan di pagi hari?


1.    Bangun Pagi di Pagi Hari
Bangun pagi ya di pagi hari. Kebanyakan orang bangun pagi hanya untuk mematikan alarm kemudian menarik kembali selimut untuk melanjutkan tidur. Yuk ubah kebiasaan itu. Lifehack.org, menuliskan bahwa presiden Amerika Serikat (AS) mulai dari Franklin D Roosevelt hingga Barack Obama gemar bangun pagi. Bangun lebih juga adalah kebiasaan yang dilakukan CEO kelas dunia seperti. New Jersey Nets, CEO Brett Yormark bangun sekitar pukul 3.30 AM, Virgin America CEO David Cush memulai harinya sekitar pukul 4.15, Robert Iger CEO Disney selalu bangun pukul 4.30 setiap paginya dan Dan Akerson, mantan CEO General Motors bangun sekitar pukul 4.30–5.00 AM setiap harinya.

Rasulullah SAW bersabda : “Bangunlah pagi hari untuk mencari rezeki dan kebutuhan-kebutuhanmu. Sesungguhnya pada pagi hari terdapat barokah dan keberuntungan.”
(HR. Ath-Thabrani dan Al Bazzar)

Bangun pagi membuat tubuh kita sehat. Di pagi hari kualitas oksigen masih baik karena minim polusi. Bangun pagi lakukanlah peregangan dan hiruplah udara pagi yang segar, hal ini akan memaksimalkan fungsi kerja otak, mencegah kerusakan paru-paru, memperlancar peredaran darah, dan meningkatkan kekebalan tubuh. Jangan lupa sinar mentari pagi sebelum pukul 09.00 juga baik untuk menambah kebutuhan kalsium untuk tulang dan vitamin D.

Dr Joerg Huber peneliti dari Roehampton University di Inggris menyatakan . “Mereka yang bangun pagi cenderung lebih sehat dan lebih bahagia,”. Dikutip dari Medicmagic (2/2) beliau menyimpulkan bangun pagi membuat tubuh lebih sehat, mood yang baik, dan membuat orang memiliki indeks massa tubuh yang ideal.

2.    Jangan Memeriksa Ponsel
Sebuah survei mengungkap bahwa 63 persen pengguna smartphone mengaku selalu membawa ponselnya sebelum tidur. Sehingga mereka semakin sulit bangun dan kembali memeriksa smartphone saat bangun. Dan akhirnya malah asyik bermalas-malasan di kasur dengan smartphone ditangan.
Jika Anda juga terbiasa melakukannya, hentikan segera kebiasaan tersebut. Jangan memeriksa ponsel setelah bangun tidur.

3.    Mendengarkan Musik
Merasa masih mengantuk setelah bangun tidur? Coba dengarkan musik kesukaan. Dengan begitu, Anda akan lebih bersemangat dan siap menghadapi hari.

4.    Bersyukur & Visualisasikan keinginan
Biasakan diri untuk selalu mensyukuri apa yang kita punya. Pejamkan mata sebentar dan pikirkan hal-hal bahkan hal kecil yang kita nikmati setiap harinya. Ucapkan rasa syukur kita dan dipercaya bahwa energi positif yang dipancarkan dari rasa syukur tersebut bisa membuat Anda tetap berpikiran baik sampai hari ini berakhir.
Visualisasikan keinginan atau impian Fresher seakan-akan anda sudah meraihnya.

Hal tersebut juga dipercaya menimbulkan hukum Law of Attraction, hal-hal yang selalu kita syukuri,kita bayangkan akan menjadi lebih baik dan mendekati kenyataan setiap harinya. Selama bertahun-tahun, atlet selalu membayangkan mereka bisa mencapai garis finis di urutan pertama. Sehingga hal itu bisa memotivasi mereka. Lakukan hal serupa agar semua tujuan hari ini bisa berjalan dengan sempurna.

5.    Rencanakan hari
Buatlah to do list sebagai pengingat atau acuan atas apa yang akan dikerjakan hari ini. Perencanaan yang baik akan meminimalisir Fresher menghabiskan waktu karena panik melupakan sesuatu yang penting. Perencanaan bukan harus selalu diisi hal berkaitan dengan pekerjaan atau tugas belajar tapi pastikan juga Fresher menyisihkan waktu untuk beristirahat dan bersenang-senang.

6.    Minum Air Putih dan Sarapan sehat
Bangun pagi akan memberi anda waktu mengawali hari dengan tenang dan tidak terburu-buru. Artinya anda akan punya waktu untuk sarapan pagi. Jika Anda tidak sarapan, metabolisme akan melambat untuk menghemat energi. Kondisi ini justru akan membuat seseorang makan dalam porsi besar pada siang dan malam hari.  Awali harimu dengan menu sarapan enak dan bergizi yang berguna bagi konsentrasimu sepanjang hari. Tetapi perlu diperhatikan porsinya jangan terlalu besar sehingga membuat anda kekenyangan.

Jangan lupa juga untuk selalu minum air putih karena banyak manfaatnya untuk tubuh manusia. Seperti wahyu Allah SWT “Dan dari air Kami jadikan segala sesuatu yang hidup. Maka mengapakah mereka tiada juga beriman?.” (QS. 21: 30).

Seperti dikuti dari situs arrahmah.com, meminum air putih secara benar bagus untuk metabolism/pencernaan, selain itu sebuah penelitian menyebutkan bahwa orang dewasa yang minum delapan gelas air atau lebih dalam sehari, mampu membakar kalori lebih banyak daripada mereka yang minum empat gelas saja. Air putih membantu memurnikan tubuh manusia, memperlambat tumbuhnya zat pemicu kanker, perawatan kecantikan bahkan meminum air putih secara benar dapat meningkatkan produksi hormone testosterone yang berguna bagi kesuburan laki-laki dan meningkatkan hormone estrogen pada wanita.

Bagaimana Fresher? Sudahkan anda melakukannya? Kalau belum yuk mulai untuk awali hari dengan semangat!

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme