Ketika seseorang memulai bisnis, tentunya akan banyak kendala yang akan dijumpai. Baik dalam hal keterbatasan pengalaman, informasi, network dan sebagainya. Kondisi ini tidak akan menjadi permasalahan yang rumit ketika Anda memilih berbisnis franchise, karena membeli bisnis franchise merupakan salah satu cara yang minim resiko. Ketika membeli franchise, franchisee akan memperoleh dukungan dari franchisor, baik dalam evaluasi lokasi, perekrutan karyawan, operasional dan training yang akan sangat bermanfaat untuk menambah skill dan knowledge. Meskipun demikian, terdapat beberapa hal yang dapat dilakukan sebelum membeli franchise :

1. Evaluasi diri

Evaluasi diri disini adalah menilai karakter dan potensi yang dimiliki diri masing-masing. Dari sini Anda dapat menilai apakah Anda sesuai dengan bisnis franchise atau tidak. Pada umumnya seorang franchisee yang sukses memiliki karakter tekun belajar, pekerja keras, pandai bersosialisasi, terampil dalam penjualan, kooperatif, memiliki modal yang cukup serta cermat dalam mengelola keuangan. Berdasarkan ciri umum franchisee yang sukses tersebut, dapat melakukan evaluasi kecocokkan karakter dan potensi diri yang dimiliki. Selain itu, komitmen kuat dalam menjalankan bisnis franchise juga menjadi salah satu kunci sukses.

2. Menyeleksi jenis bisnis yang ingin ditekuni

Cara paling ideal untuk menyeleksi bisnis yang ingin dibeli adalah dengan mecocokkan minat dan potensi yang Anda miliki dengan bidang usaha yang akan ditekuni. Terkadang untuk memilih bisnis yang sesuai memerlukan waktu yang tidak sebentar dan Anda perlu untuk memikirkan secara mendalam sebelum mengambil keputusan. Mengumpulkan informasi selengkap-lengkapnya dapat menjadi salah satu cara untuk membantu menyeleksi bisnis franchise yang sesuai dengan Anda.

3. Investigasi franchise

Dari sekian banyak jenis bisnis franchise yang ditawarkan, Anda dapat melakukan pendalaman terhadap franchise yang Anda minati. Hal ini dapat dilakukan dengan mengevaluasi peluang bisnis tersebut dalam jangka panjang, bagaimana tren-nya, dan sebaiknya Anda memilih bisnis yang memiliki potensi untuk berkembang dalam jangka panjang.

4. Mulai berbisnis

Setelah melewati tahapan-tahapan tersebut,Anda akan dapat memutuskan bisnis apa yang paling sesuai untuk Anda tekuni dan Anda sudah siap untuk mulai berbisnis. Hal yang perlu diingat dalam berbisnis franchise adalah membeli franchise bukan cara instan untuk mendapatkan keuntungan. Kerja keras dan komitmen dari franchisee menjadi faktor yang menentukan kesuksesan dari sebuah bisnis franchise.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme