Sebelum memulai suatu bisnis, akan lebih baik jika seorang pengusaha menyusun sebuah business plan. Rencana bisnis akan jadi pedoman strategis untuk mempertajam rencana-rencana yang diharapkan dalam menentukan arah tujuan dan cara mencapai sasaran yang diinginkan. Dalam artikel kali ini akan dibahas langkah untuk menyusun business plan yang baik.

1. Deskripsi perusahaan

Dalam poin ini berisi mengenai bisnis apa yang akan dibuat, visi dan misi serta tujuan dari bisnis Anda. Jadi secara garis besar, bagian ini akan mencakup secara kesimpulan dari sebuah rencana bisnis. Salah satu trik membuat business plan yang menjual adalah membuat bagian deskripsi perusahaan dengan semenarik mungkin.

2. Deskripsi produk dan jasa

Uraikan secara jelas dan rinci produk atau jasa apa saja yang Anda tawarkan dalam bisnis yang Anda jalankan. Disini Anda juga dapat mendeskripsikan kelebihan-kelebihan dari produk Anda dibandingkan produk lain yang serupa.

3. Perencanaan pemasaran

Poin ini berisi tentang strategi dalam pemasaran produk Anda. Dari sini Anda juga akan dapat memproyeksikan permintaan pasar akan produk atau jasa Anda dalam 5 tahun mendatang. Dalam tindak lanjutan biasanya orang menggunakan rencana pemasaran (marketing plan) untuk menjelaskan detail atau strategi pemasaran.

4. Analisis produksi

Analisis produksi menjelaskan sistem operasi bisnis Anda, mulai dari penerimaan pesanan, produksi hingga ke distribusinya.  Ketika Anda menekuni bisnis jasa, Anda harus menuliskan dengan jelas bagaimana cara kita menyalurkan jasa kepada pembeli.

5. Proyeksi keuangan

Pada bagian ini berisi mengenai apa saja investasi yang Anda butuhkan, bagaimana biaya alokasi dalam bisnis Anda, proyeksi laba-rugi, berapa besar kebutuhan dana untuk modal awal. Selain itu juga berisi mengenai proyeksi pendapatan dan pengeluaran, pengembalian modal, pengembalian atas investasi dan sebagainya.

6. Rencana pengembangan usaha

Rencana pengembangan usaha adalah salah satu bagian yang penting bagi seorang investor. Calon investor akan melihat seberapa besar usaha yang akan kita buat. Dengan demikian, business plan ini akan membantu ketika Anda akan mencari investor untuk mengembangkan bisnis Anda.

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme