Hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memulai Bisnis Waralaba

Bisnis waralaba menjadi salah satu alternatif bisnis bagi pemula karena cenderung lebih mudah untuk dijalankan. Meskipun demikian memilih waralaba bukanlah hal yang mudah. Dalam meilih waralaba terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini penting agar Anda tidak salah memilih waralaba yang dan meminimalisir potensi kerugian. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan :

1.Tentukan jenis usaha
Saat ini banyak sekali terdapat pilihan waralab dari berbagai bidang usaha, misalnya kuliner, ritel, otomotif, laundry dan sebagainya. Selain melihat keuntungan suatu usaha, ada baiknya Anda memilih bidang usaha yang sesuai dengan kemauan dan kemampuan Anda. Dengan demikian nantinya dalam menjalankan bisnis waralaba akan terasa lebih menyenangkan karena sesuai dengan minat Anda dan akan memperoleh hasil yang lebih maksimal.

2.Modal usaha
Setelah menentukan bidang usaha, selanjutnya sesuaikan bisnis waralaba dengan moda usaha yang Anda pilih. Saat ini juga terdapat banyak sekali franchisor yang menawarkan paket investasi mulai dari yang paling ekonomis hingga paket premium. Selain menyesuaikan budget Anda, Anda juga harus mencermati fasilitas dan perlengkapan apa saja yang Anda peroleh dengan nilai investasi tersebut.

3.Sistem bisnis
Sebelum berbisnis waralaba Anda juga harus paham sistem bisnis dari franchise tersebut, mengenai hak dan kewajiban Anda sebagai franchisee, prosedur pembukaan outlet hingga masalah perjanjian kerjasama.

4.Lokasi usaha
Sesuaikan lokasi usaha dengan jenis bisnis yang akan Anda jalankan. Pilihlah lokasi yang strategis, mudah diakses, berdekatan dengan pangsa pasar yang akan menjadi target Anda. Sekalipun dalam bisnis franchise sebagian besar mengharuskan prosedur survei lokasi, akan lebih baik jika Anda sudah mempersiapkan lokasi yang sekiranya terbaik untuk bisnis Anda. Selain itu Anda juga perlu memperhatikan apakah dari pihak franchisor terdapat ketentuan jarak dengan franchise yang sama.

Dengan cermat memilih franchise, tentunya Anda akan terhindar dari resiko kerugian, karena pada dasarnya bisnis franchise sendiri sangat memudahkan Anda untuk memulai bisnis dan memiliki banyak keuntungan. Oleh karenanya, jangan sampai salah memilih investasi, hanya karena tergiur investasi yang lebih murah tapi fasilitas dan perlengkapan yang diberikan tidak berkualitas atau memilih franchise dengan merk yang belum dikenal luas. Pilihlah franchise dengan paket investasi yang masuk akal dan merk yang sudah dikenal secara nasional, sehingga bisnis franchise Anda lebih terjamin kesuksesannya.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme