Hati-Hati! 3 Perangkat Bersama Penyebar Kuman

Hati-Hati! 3 Perangkat Bersama Penyebar Kuman

TIDAK pernah lepas dari perangkat elektronik atau Gadget ??

Yap! Sekarang ini apa sih yang tidak ada kaitannya dengan perangkat elektronik ? Mulai dari barang pribadi kita sampai perangkat publik sudah menggunakan perangkat canggih yang memudahkan penggunaan.

Tetapi pernahkah Fresher berpikir ternyata barang yang kita gunakan setiap saat itu berpotensi menjadi sarang dari berbagai kuman dan penyakit lho. Terutama barang yang sering kita gunakan bergantian dengan orang lain. Penasaran ? Simak informasinya berikut ini ya Fresher.

1. Keyboard & Mouse
Ternyata di balik permukaannya yang terlihat bersih, keyboard dan mouse justru menjadi sarang asyik bagi banyak kuman dan bakteri. Kenapa demikian ? Karena bisa jadi banyak remah-remah masuk ke dalam keyboard, demikian juga ketika kita mengorek hidung, kuping, garuk rambut, kotoran-kotoran di tangan juga bisa masuk ke celah keyboard. Dikutip dari Majalah Ummi, James Francis, ahli microbiologis Inggris, mengatakan bahwa keyboard merupakan supermarket yang menyenangkan bagi bakteri. James Francis mengambil 33 sample dari keyboard, mouse, kursi toilet, pintu toilet, dan diperiksa kondisi masing-masing. Dia menemukan bahwa satu dari empat keyboard mengandung bakteri yang sangat membahayakan kesehatan manusia dan satu di antaranya bahkan memiliki 5 kali lebih banyak kuman dan telur cacing 5 kali lebih besar daripada dudukan toilet.

Kenapa sampai dikatakan kotorannya lebih banyak dari dudukan toilet ? Ya karena dudukan toilet selalu mendapat perhatian kita untuk dilakukan pembersihan dengan cairan anti kuman. Tetapi keyboard dan mouse sering kali kita acuh untuk membersihkannya secara teratur.

2. Perangkat Touchscreen
Penggunaan perangkat touchscreen terutama yang digunakan bergantian seperti mesin atm bisa berpotensi menyebarkan berbagai penyakit. Infeksi dari E. coli, MRSA, dan virus yang menyebabkan pilek dan flu dapat menular kepada kita. Kenapa demikian ? Karena penggunaannya yang secara bergantian dengan banyak orang juga kondisi kebersihan tangan orang-orang tersebut bisa meninggalkan kuman atau bakteri di tempat mereka menyentuh perangkat tersebut.

3. Ponsel, Remote TV
Ponsel dan remote TV juga termasuk benda yang sering dipegang, dipakai bergantian tetapi jarang diperhatikan kebersihannya. Dikutip dari detik.com, disebutkan bahwa ponsel milik wanita juga lebih banyak kuman daripada ponsel milik pria. Hal ini mungkin terkait dengan fakta bahwa wanita cenderung lebih sering pilek daripada pria pada umumnya. Wanita juga memiliki kontak dengan anak-anak lebih sering. Ponsel milik wanita juga dapat terkontaminasi dengan kuman yang ditemukan di make up.

Bagaimana mengenai artikel Hati-Hati! 3 Perangkat Bersama Penyebar Kuman ? Mengetahui hal di atas pasti semakin membuat anda waspada dengan kebersihan perangkat elektronik yang anda gunakan bukan ? Cara terbaik untuk menghindari penularan bakteri dari perangkat yang digunakan bersama adalah dengan selalu membersihkan tangan anda setelah menggunakan perangkat bersama. Lebih baik mencegah sebelum kuman atau bakteri di luar masuk kedalam tubuh melalui tangan anda ya Fresher.

Sumber: www.techno.id , health.detik.com , Majalah Ummi

 

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme