Fresher sering berdebat mengenai apakah Bakat Bawaan atau Ketekunan Latihan yang membawa seseorang menuju kesuksesan ?
Itu artinya Fresher harus mengetahui mengenai “Hukum 10ribu Jam”. Apakah itu ?

“Hukum 10ribu Jam” menyebutkan bahwa jika kita ingin menjadi ahli pada bidang tertentu, maka kita perlu mengasah diri kita dengan ekspose belajar dan berkarya selama 10 ribu jam. Psikolog K.Anders Ericsson dan dua rekannya di Academy of Music, Berlin melakukan penelitian mengenai hukum 10 ribu jam tersebut.

Penelitian atas kelompok pemain biola yang mulai berlatih pada usia lima tahun menyebutkan bahwa siswa yang menjadi terbaik di kelasnya berlatih 6 jam seminggu pada usia 9 tahun, 8 jam seminggu di usia 12 tahun, dan terus meningkat sehingga di usia 20 tahun mereka berlatih selama 30 jam setiap minggunya. Bila dihitung pada usia 20 tahun para pemain elit telah menghabiskan 10.000 jam latihan. Sebaliknya siswa yang biasa saja berlatih sekitar 8.000 jam dan para calon guru musik hanya berlatih sekitar 4.000 jam saja. Penelitian mereka menunjukkan bahwa begitu seorang musisi memiliki kemampuan untuk masuk ke sekolah musik hebat, maka hal yang membedakan antara seorang musisi dengan rekannya adalah seberapa besar kerja keras yang mereka lakukan. 10.000 jam. Itu saja.

Mozart & 10.000 jam
Mozart mungkin sudah kita kenal sebagai komposer handal. Tetapi pada waktu awal, karyanya dinilai tidak luar biasa. Michael Howe dalam bukunya Genius Explained menyebutkan bahwa berdasarkan standar komponis yang sudah dewasa, beberapa karya awal Mozart tidak luar biasa. Sejumlah karya awalnya mungkin dituliskan oleh ayahnya dan mungkin dikembangkan seiring berjalannya waktu.
Dari berbagai concerto yang diciptakan sendiri oleh Mozart, karya paling awalnya yang kini dinilai sebagai karya besarnya (No. 9, K. 271) baru diciptakannya pada usia dua puluh satu tahun: pada saat itu Mozart sudah menciptakan berbagai concerto selama sepuluh tahun lamanya.

The Beatles & 10.000 jam
The Beatles menjadi terkenal di Amerika pada tahun 1964. Namun yang perlu kita cermati adalah mereka pertama kali bermain bersama-sama tahun 1957, 7 tahun sebelumnya. Ternyata kisah 10.000 jam juga terjadi pada mereka. Pada tahun 1960 saat mereka belum terkenal, mereka diundang untuk bermain di Hamburg, Jerman. Jika di Inggris mereka manggung cuma 1 jam. di Hamburg mereka manggung 8 jam untuk sekali tampil. 8 jam 7 hari seminggu. Jika di total selama di Hamburg mereka telah bermain selama 270 malam dalam waktu 1,5 tahun. Sesungguhnya pada saat meraih kesuksesan pada tahun 1964 mereka diperkirakan telah naik panggung sebanyak 1200 kali dan lebih dari 10.000 jam!

Bill Gates & 10.000 jam
Ayahnya adalah seorang pengacara kaya raya dan ibunya adalah putri seorang bankir terkemuka. Pada awal kelas 7 Bill Gates dikirim ke sekolah untuk anak-anak orang kaya di Seattle. Sekolah itu mendirikan sebuah klub komputer. Komputer pada saat itu adalah barang yang menakjubkan di tahun 1968, bahkan banyak universitas belum mempunyainya. Gates mulai belajar membuat program komputer pada tahun 1968. Dalam waktu 7 bulan di tahun 1971, Gates telah menghabiskan waktu 1575 jam dengan komputer. Pada saat Bill Gates keluar dari Harvard di tahun kedua untuk mendirikan perusahaan perangkat lunaknya, ia sudah melampaui 10.000 jam.

Derajat kebenaran ataupun angka yang presisi dari hukum ini memang masih dalam penelitian lebih lanjut tetapi yang menjadi poin utama adalah semua orang bisa berhasil dengan ketekunan dan kerja keras. Keberhasilan bukan datang dengan instan. Bahkan mereka yang berbakat pun harus mengasah keahliannya untuk bisa dibilang benar-benar hebat.

Jadi, masihkah Fresher merasa kecil dan putus asa hanya karena merasa tidak memiliki bakat ?

Sumber :

Keajaiban 10.000 Jam


http://rumahinspirasi.com/hukum-10-ribu-jam-untuk-menjadi-ahli/

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme