Sebelum kita berencana untuk memulai bisnis franchise, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Hal ini penting mengingat banyaknya ragam bisnis franchise yang ditawarkan sehingga kita perlu jeli dalam memilih dan melihat bisnis franchise yang sekiranya akan membawa kita pada kesukesan dalam berbisnis. Kesalahan dalam memilih franchise dapat berakibat pada tidak tercapainya kesuksesan dalam berbisnis yang sesuai dengan harapan kita atau bahkan dapat berujung pada kegagalan. Untuk menghindari hal tersebut, sebelum memilih bisnis franchise yang akan kita tekuni, perlu melihat beberapa kriteria dalam memilih bisnis franchise berikut ini :

1. Usaha yang dijalankan franchisor benar-benar terbukti berhasil

Franchisor yang sukses memiliki proven track record, yaitu catatan yang membuktikan keberhasilan. Umumnya menunjukkan pada pengalaman usaha yang telah dijalani atau jam terbang yang dimiliki. Sehingga ia memiliki kiat-kiat bisnis dalam mengatasi permasalahan yang dihadapi serta memiliki pemecahan dan jalan keluar dari permasalahan yang dihadapi.

2. Memiliki cabang yang difungsikan sebagai prototipe

Dalam bisnis franchise keberhasilan pada satu cabang tidak dapat dijadikan tolak ukur. Karena itu perlu dilihat juga kondisi cabang-cabang lain sebagai prototipe untuk membutikan bisnis franchise tersebut sudah terbukti menguntungkan secara operasional. Dengan melihat cabang-cabang dari franchise tersebut maka kita akan memperoleh gambaran mengenai bisnis yang akan ditekuni.

3. Franchisor dikenal memiliki track record yang bagus

Franchisor yang memiliki reputasi bagus dan telah lama menggeluti bisnisnya akan sangat memperhatikan kebutuhan-kebutuhan dari franchisee dan akan memberikan dukungan baik dari segi teknis, administratif maupun pelatihan.

4. Produk dan jasanya masih dalam masa pertumbuhan

Ada baiknya kita memilih bisnis franchise yang memiliki prospek cerah di masa mendatang, tidak hanya bisnis yang booming saat ini saja. Dengan begitu bisnis yang kita tekuni tidak akan pernah mati dan selalu mendatangkan keuntungan di masa mendatang.

            Dengan memilih secara cermat bisnis franchise yang akan kita jalankan, akan lebih memudahkan dalam mencapai kesuksesan berbisnis. Sebagaimana Simply Fresh Laundry dapat menjadi salah satu pilihan untuk berbisnis franchise, dimana Simply Fresh Laundry sebagai pelopor waralaba laundry kiloan yang hingga saat ini terbukti telah mencetak pengusaha-pengusaha sukses dengan lebih dari 250 outlet yang tersebar di seluruh Indonesia, sehingga kualitas dari franchise Simply Fresh Laundry tidak perlu diragukan lagi.

Oleh : Chindy Grafidia

Sumber : Majalah Pengusaha

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme