destinasi wisata kuliner (kopi)

Hi Fresher..!
Tahukah Fresher bahwa Indonesia selain kaya akan destinasi wisata dan destinasi kuliner juga kaya akan destinasi kopi? Yup! Indonesia memang merupakan negara yang patut diperhitungkan dalam jajaran negara penghasil kopi terbaik di dunia. Aroma dan juga rasa kopi sangat penting bagi para pecinta minum kopi. Sehingga ada beberapa traveler yang memang ingin mengetahui kopi secara lebih jauh, baik dari lokasi, jenis kopi, maupun mingin menikmati kopi secara langsung yang dipetik dari kebun kopi. Jadi ga ada salahnya kalau Fresher harus memasukkan destinasi kopi kedalam whislist traveling tahun 2018. Berikut beberapa destinasi kopi yang ada di Indonesia:

1. Toraja

Kopi Toraja memang sudah terkenal kenikmatannya sampai masyarakat internasional, dengan salah satu mereknya yang terkenal yaitu Toraja Arabica Coffee. Di Toraja Fresher bisa berkunjung ke perkebunan kopi Sulotco yang terletak di Bittuang.

2. Ambarawa

Saat berada di Ambarawa, jangan lupa fresher sempatkan ke Kampung kopi Banaran. Disana akan disuguhkan panorama perkebunan kopi yang sangat indah. Fresher bisa menyewa mobil golf yang akan dipandu oleh driver disana untuk berkeliling perkebunan teh. jangan lupa juga untuk menikmati kopi banaran ya Fresher.

3. Lampung

Lampung merupakan salah satu wilayah penghasil kopi robusta terbesar di Indonesia. Salah satu lokasi perkebunan yang terkenal di lampung, yaitu Liwa. Disepanjang jalan, fresher akan melewati warung-warung kopi yang menghasilkan aroma kopi yang begitu kental. Tak heran jika Liwa menjadi salah satu lokasi adegan dalam film Filosofi Kopi.

4. Wamena

Wamena merupakan salah satu penghasil kopi arabika yang cukup terkenal. Berada di lahan perkebunan yanpa menggunakan pupuk kimia, kopi Wamena memang memiliki rasa yang cukup berbeda.

5. Takengon

Di takengon, kita bisa menikmati secangkir kopi Gayo hasil perkebunan yang diplah sendiri oleh masyarakat sekitar. Petani kopi yang ada di takengon tidak hanya sekedar menanam kopi saja tetapi juga mengolahnya agar langsung dapat dinikmati.

7. Manggarai

Walau kopi manggarai belum terlalu terkenal di masyarakat umum, tapi kopi ini pernah menjadi kopi terbaik Indonesia pada tahun 2015 dalam kontes yang diselenggarakan oleh Asosiasi Eksportir dan Industri Kopi Indonesia. untuk lokasinya, Fresher bisa berkunjung ke kampung Melo di Sanggar Budaya Compang Toe. Disana fresher bisa menikmati enaknya kopi khas dari manggarai

8. Bali

Bali merupakan salah satu wilayah penghasil kopi arabika. Di Bali kita bisa melihat cara pengolahan kopi secara tradisonal, yaitu melalui proses basah dimana kulit dan daging kopi dibuang sebelum bijinya mengering. Tak heran jika kopi Bali memiliki warna terang dibandingkan jenis kopi lainnya.

9. Gayo

Salah satu wilayah yang menghasilkan kopi arabika terbesar di Indonesia yaitu Gayo. Disini terdapat perkebunan kopi pertama di tanah Gayo, yaitu Beleng Gele.(Diolah dari berbagai sumber)

Selamat traveling ya Fresher.
Simply Fresh. JUARANYA LAUNDRY KILOAN ????

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme