Kesuksesan dalam memulai usaha merupakan dambaan dari setiap orang. Namun untuk mencapai sebuah kesuksesan terkadang memerlukan waktu yang tidak sebentar. Bahkan seringkali seorang pengusaha menghadapi berbagai macam kendala dan kesulitan dalam merintis usahanya sebelum pada akhirnya mencapai sebuah kesuksesan. Berikut beberapa langkah yang perlu diketahui sebelum terjun dalam dunia usaha :

1.      Jangan Ragu Untuk Memulai

Semua berawal dari hal kecil. Begitu pula ketika kita ingin memulai usaha menjadi seorang pengusaha, kita harus memulainya dari yang sederhana dulu. Misal membuka bisnis di rumah. Banyak contoh di luar negeri, berawal dari bisnis rumahan akhirnya menjadi bisnis raksasa. Dengan memanfaatkan hal-hal sederhana di sekitar kita, dapat menjadi inspirasi dan ide untuk mengembangkan sebuah bisnis.

2.      Promosi

Promosi dapat dikatakan menjadi hal yang penting dalam memulai usaha. Bukan hanya sekedar teori, namun praktek promosi dilapangan sangat berpengaruh. Bagaimana cara mempromosikan usaha secara tertarget, menjelaskan keunggulan produk, semua berkaitan satu sama lain dalam mengembangkan usaha.

3.      Keyakinan Kuat dan Fokus

Semua hal yang dikerjakan dengan sungguh-sungguh dan fokus, pasti akan membuahkan hasil. Begitu juga dengan bisnis. Apabila kita tekun, mempunyai keyakinan kuat, dan fokus dipastikan bisnis kita akan maju dan berkembang. Memiliki rasa percaya diri juga membantu disaat kita dihadapkan dengan masalah, efeknya kita tidak akan mudah menyerah.

4.      Jauhkan Pemikiran Bisnis Dapat Untung Secara Instan

Ini yang paling sering dijumpai pada pengusaha-pengusaha muda yang tidak sabar. Mereka ingin bisnis usahanya mendapat untung secara cepat dan instan. Hal itu mustahil, karena semua usaha harus melewati proses. Untuk membangun bisnis, memerlukan waktu dan usaha. Yang penting kita sabar dan selalu berusaha untuk terus maju membangun usaha, jangan pernah menyerah.

5.      Take Action

Jangan hanya mengumpulkan teori lalu tidak dipraktekkan. Berpikir terlalu jauh juga salah. Jalani saja dulu, lakukan langkah-langkah yang perlu diambil. Di dalam perkembangannya, lambat laun akan terlihat bisnis usaha kita seperti apa, kurangnya dimana, hal itu akan menjadi evaluasi dalam menentukan strategi / teknik yang akan dipakai.

Oleh : Chindy Grafidia

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme