donor darah

Fresher, suka kah anda melakukan donor darah. Lanjutkan kebiasaan baik itu dan jangan ragu untuk mengajak orang disekitar anda. Karena donor darah tidak hanya bermanfaat bagi penerima donor tetapi sangat bermanfaat juga bagi kesehatan sang pendonor. Yuk kita kupas manfaat mengejutkan dari Manfaat Donor Darah

1.Melancarkan peredaran darah
Mendonorkan darah kita berarti kita memberi kesempatan tubuh untuk memproduksi sel darah baru dalam jumlah yang optimal. Hal ini juga akan mengurangi risiko penyumbatan arteri dan mengurangi 88% kemungkinan serangan jantung.

2. Cek kesehatan gratis
Saat akan donor darah, pasti Anda akan melalui serangkaian tes kecil apakah Anda layak untuk melakukan donor atau tidak, seperti misalnya denyut nadi, tekanan darah, kadar hemoglobin, dan jenis darah.

Setelah Anda donor pun, darah Anda tidak langsung diberikan kepada yang membutuhkan, namun harus melewati serangkaian tes untuk bisa dianggap aman dan sehat. Jika Anda mengalami suatu penyakit, maka pihak PMI akan memberitahu Anda secepatnya sehingga Anda bisa langsung diberi penanganan kesehatan.

Sebelum melakukan donor maka anda akan dites apakah layak untuk mendonor atau tidak. Setelah selesai donor darah Anda juga akan di tes apakah dianggap aman & sehat atau tidak. Jika tidak maka pihak PMI akan menginformasikan kepada Anda.

3. Mempertahankan keseimbangan jumlah zat besi
Pada orang dewasa yang sehat biasanya memiliki sekitar 5 gram zat besi dalam tubuh mereka, terutama dalam sel darah merah juga di sumsum tulang. Jika Anda mendonorkan darah, maka Anda kehilangan sekitar seperempat jumlah zat besi.

Namun Anda tak perlu khawatir, karena nantinya zat besi baru akan diisi ulang dari makanan yang Anda makan dalam beberapa minggu setelah donasi. Hal ini justru sangat bagus karena kelebihan zat besi justru tidak baik untuk pembuluh darah.

4. Hidup lebih lama
Sebuah penelitian dari Health Psychology menyatakan bahwa mereka yang mendonorkan darah mereka terbukti bisa menambah masa hidup 4 tahun lebih lama daripada mereka yang tidak pernah melakukan donor darah.

Hal ini sangat berpengaruh terhadap kesehatan karena Anda memiliki aliran darah yang lebih lancar yang dapat menurunkan risiko penyakit serius serta memiliki keseimbangan jumlah zat besi, jumlah darah, kekentalan darah serta jumlah hemoglobin yang baik.

5. Manfaat Donor Darah Bagi Wanita
Dengan donor darah ini Anda dapat menjaga kulit Anda agar tidak mudah keriput. Dapat membantu Anda dalam memperoleh bentuk tubuh ideal. Dengan mendonorkan darah secara rutin, bukan hanya berat badan menurun tetapi pikiran Anda juga menjadi lebih stabil. Dengan begitu, segala kegiatan yang Anda lakukan lebih fokus dan membuat semua berjalan dengan lancar.
Dikutip dari Boldsky, Minggu (15/6/2014) ada beberapa manfaat yang akan didapatkan ketika Anda rutin menyumbangkan darah;

6. Membakar kalori
Mendonorkan darah secara teratur akan membantu Anda membakar kalori dalam tubuh. Tidak percaya? Bayangkan saja, ketika darah yang Anda donorkan sebanyak 450 ml, maka Anda pun kehilangan sekitar 650 kalori.

7. Menurunkan risiko kanker
Selain membantu membakar kalori, mendonorkan darah pun dapat menurunkan risiko terjadinya kanker. Termasuk kanker hati, paru-paru, usus besar, perut, dan kanker tenggorokan.

8. Pikiran lebih stabil
Apakah Anda tahu bahwa mendonorkan darah secara rutin dapat membantu Anda menjaga pikiran tetap stabil? Inilah faktanya. Dengan mendonorkan darah, akan membuat Anda merasa lebih bahagia dan damai. Bahagia karena dapat menolong sesama dan damai dengan tubuh sendiri.

Bagaimana Fresher? Kenapa masih menunggu untuk mendonorkan darah? Kapan lagi kita mendapat kebaikan dari hal baik yang kita beri kepada orang lain ^^

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme