permainan sensori

Masih ingat dengan permainan sensori (sensory play)? Adalah sebuah permainan yang melatih dan menggunakan satu indera atau lebih (penglihatan, pendengaran, penciuman, pengecap dan peraba) dimana bagus untuk diimplementasikan pada anak rentang usia 0-2 tahun yang kecerdasan kognitifnya sedang berada dalam tahap sensorimotor. Baca artikel 21. Manfaat Bermain Pasir Bagi Anak

Salah satu bentuk permainan ini adalah mengejar cahaya. Bermain mengejar cahaya melatih anak untuk mengaktifkan indra penglihatan dan perabanya.
Cara Bermain:

Ibu dapat meletakkan anak pada ruangan di dalam rumah yang dapat dimasuki cahaya matahari. Usahakan agar bagian ruangan yang terkena cahaya matahari tersebut terlihat kontras dengan bagian ruang yang lain. Anak akan tertarik untuk berusaha memegang bagian yang terkena cahaya matahari tersebut. Anak akan menepuk-nepuk bagian tersebut. Ketika dia meraba tetapi tidak ada yang dia peroleh maka ia akan tertawa penasaran dan akan mencoba mengulangi lagi untuk memegang cahaya itu. Pada saat itu, Ibu dapat mulai untuk menjelaskan kepada anak tentang apa itu cahaya agar kecerdasan bahasa nya juga berkembang.

Beberapa manfaat mengejar cahaya ini diantaranya adalah:
1. Menstimulus kecerdasan kognitif anak
2. Menstimulus rasa ingin tahu anak
3. Melatih perkembangan motorik anak
4. Menstimulus kecerdasan bahasa anak

Nah, apa Ibu kini tertarik mengajak buah hati untuk bermain mengejar cahaya?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme