family

Saat Fresher merasa sedih atau galau maka mendapatkan pelukan akan dapat memberikan anda sedikit ketenangan bukan? Ya, perasaan nyaman dan hangat yang anda rasakan dari pelukan itu sedikit menenangkan hati anda yang sedang gundah gulana.
Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan ? Ternyata masih banyak manfaat lain yang bisa anda dapatkan dari pelukan. Kali ini Mr. Fresh akan rangkumkan beberapa manfaat pelukan untuk kesehatan anda. Silahkan disimak ya Fresher.

Membuat Anda merasa lebih baik
Ketika Anda menerima pelukan seseorang, oksitosin—yang disebut juga sebagai “hormon pelukan”—dilepaskan sehingga menimbulkan kehangatan dan kelembutan dalam diri Anda. Hormon ini sangat berpengaruh pada kedalaman suatu hubungan. Oksitosin memberikan dasar yang kuat atas rasa percaya dan ikatan antar manusia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Hormon oksitosin bukan cuman membuat Anda merasa baik—tapi juga menyehatkan fisik Anda. Ketika seseorang menyentuh Anda, sensasi pada kulit mengaktifkan reseptor tekanan yang disebut sel-sel Pacinian. Sinyal sentuhan kemudian dikirimnya menuju saraf vagus, bagian otak yang diantaranya bertanggungjawab untuk menurunkan tekanan darah.

Meredam Rasa Takut
Pelukan dan sentuhan secara signifikan mengurangi kekhawatiran akan kematian. Berbagai studi menunjukkan bahwa hanya memeluk boneka beruang saja bisa membantu menenangkan seseorang dari ketakutan. Bahkan sekadar sentuhan yang tulus dari orang lain dapat membantu seseorang lebih tenang dalam menghadapi suatu kekhawatiran.
 
Pelukan Dapat Bermanfaat bagi Jantung
Manfaat pelukan yang selanjutnya ialah menyehatkan jantung. Dalam suatu penelitian di University of North Carolina, partisipan yang tidak melakukan kontak dengan pasangan mereka detak jantungnya lebih cepat dibandingkan mereka yang memeluk pasangannya selama penelitian ini.

Orang Dewasa Adalah yang Paling Butuh Pelukan
Menurut para peneliti di Ohio State University, pelukan dan sentuhan fisik menjadi sangat berarti seraya kita menua. “Semakin tua usia, semakin rapuh Anda secara fisik, sehingga kontak fisik orang lain menjadi kebutuhan penting untuk menunjang kesehatan.” Berbagai studi lainnya memperlihatkan bahwa kesepian, khususnya yang dialami orang tua, dapat meningkatkan stres dan buruk bagi kesehatan. Dengan memeluk seseorang, kita bisa langsung merasa dekat dengan orang itu dan tidak lagi merasa kesepian.
 
Pelukan = Pelepas Stres Alami
Merasa tertekan akibat stres berat? Carilah orang yang bisa dipeluk seerat mungkin. Ketika mendekap seseorang, Anda langsung bisa menurunkan sejumlah hormon kortisol (penyebab stres) yang ada di dalam tubuh. Pelukan yang erat juga melepaskan ketegangan tubuh dengan mengirimkan sinyal ketenangan menuju otak Anda.
 
Pelukan  = Kemampuan Menangani Stres
Ingin masa depan yang terbaik bagi sang buah hati? Mulailah dengan sering memeluknya selagi ia masih kecil. Sebuah studi di Emory University menyimpulkan bahwa anak yang terbiasa dipeluk dapat bertumbuh menjadi orang dewasa yang sanggup menangani stres dengan baik.

Itu tadi 7 Manfaat Pelukan Untuk Kesehatan, menurut Virginia Satir, seorang psikoterapis dan penulis, Anda membutuhkan 4 pelukan per hari untuk bertahan hidup, 8 pelukan per hari untuk perawatan, dan 12 pelukan per hari untuk pertumbuhan. Jadi kenapa tidak secara rutin memberikan pelukan Anda untuk orang-orang terkasih.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

© 2017 Simplyfreshlaundry.com

WordPress Theme