Harga Dan Tarif Tol Surabaya -Jakarta

Pada musim mudik 2018, pemudik memiliki alternatif rute dan tidak hanya mengandalkan ruas-ruas tol. Bagi pemudik yang ingin mencoba ruas tol Jakarta-Surabaya sepanjang 759 km tahun ini sudah bisa dilalui. Jalur operasional sepanjang 524 km, sisanya 235 km masih jalur fungsional atau 30 persen dari total Tol Trans Jawa yang artinya bisa dilalui tapi belum sempurna dan tak dipungut biaya.

Jalur tol fungsional Jakarta-Surabaya ini sebagian besar sudah tersambung meski ada beberapa titik kritis yang pembangunannya masih dikebut. Khusus untuk jalur tol fungsional ada lima ruas tol yang bisa dilalui yakni Pemalang-Batang (39 km), Batang-Semarang (74 km), Semarang-Solo (32 km), Sragen-Ngawi (55 km), serta Wilangan-Kertosono (37 km).

Pemudik dari arah Jakarta dengan tujuan Surabaya akan melalui tol Jakarta-Cikampek dan jalur operasional hingga tol Pejagan-Pemalang. Selanjutnya bagi pemudik yang ingin meneruskan ke Semarang dapat melewati tol Brebes Timur-Pemalang.

Kementerian PUPR memastikan Jalan Tol seksi 3 dan 4 Pejagan-Pemalang sepanjang 37,3 kilometer (km) dari Brebes Timur hingga Pemalang akan beroperasi paling lambat H-10 lebaran. Ruas tol tersebut sempat menjalani uji laik fungsi dan operasi oleh Kementerian PUPR, Kementerian Perhubungan dan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri. Artinya pada ruas ini pemudik akan melintasi jalan yang sudah permanen.

Selanjutnya menyusuri ruas tol fungsional Pemalang-Batang sepanjang 39,20 km. Dari total Pemalang-Batang sepanjang 39,20 km, sepanjang 17,5 km di Seksi 1 Pemalang-Pekalongan kondisi tanah yang lunak dan tebal (soft soil) dengan kandungan air tanah yang tinggi. Dari 17,5 km nantinya sepanjang 13 km menggunakan aspal sementara sisanya adalah lean concrete.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme