Membatik, Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri

Membatik, Keseimbangan Otak Kanan dan Otak Kiri, Roger Sperry membagi otak manusia menjadi belahan otak kanan dan belahan otak kiri. Teori ini menyatakan perbedaan tanggung jawab masing-masing belahan otak. Otak kiri cenderung meregulasi segala kegiatan yang bersifat analitis seperti menulis, membaca, logika, hingga keterampilan ilmiah. Belahan otak kanan cenderung mengontrol kegiatan yang bersifat kreatif, imajinasi, intuisi hingga emosi.

Kompleksitas kegiatan membatik dapat dikategorikan sebagai aktivitas yang dapat menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri. Pada saat membuat pola motif batik pada selembar kain panjang, maka keterampilan menulis atau menggambarkan motif batik tersebut menjadi kubu yang masuk dalam kontrol belahan otak kiri. Jauh sebelum pola motif digoreskan, maka ide dan kreatifitas telah mendominasi otak kanan terlebih dahulu.

Dengan demikian, kegiatan membatik ini dapat dijadikan sebagai ajang latihan penyeimbangan otak kiri dan otak kanan, sehingga pastinya banyak manfaat yang akan diperoleh jika fungsi otak maksimal. Do you wanna try?

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme