Menu Untuk Istirahat Optimal

Menu Untuk Istirahat Optimal

Menu Untuk Istirahat Optimal

Sobat fresher banyak orang tidak dapat istirahat secara optimal pada malam hari. Cobalah sobat fresher intropeksi tentang apa menu makan dan minum malam anda sebelum tidur malam. Menurut studi penelitian menu makan dan minum pada saat sebelum tidur dapat mempengaruhi seseorang untuk mendapatkan istirahat secara optimal.

Oleh karena itu, sobat fresher sebisa mungkin untuk menghindari menu makanan yang banyak mengandung garam dan lemak yang tinggi, karena garam yang tinggi akan membuat tubuh anda akan mengalami dehidrasi. Supaya istirahat malam anda bisa optimal dan berkualitas, pilihlah menu makan dan minum pada saat malam hari yang dapat meningkatkan porsi serotonin dan melatonin pada otak. Berikut menu yang tepat untuk mendapatkan istirahat optimal :

1. Mengandung Biji-bijian
Makanan yang tergolong pada kelompok biji-bijian yaitu beras merah karena banyak mengandung triptofan yang tinggi untuk dapat memproduksi serotonin pada otak, serta mengandung protein dan magnesium yang tinggi dapat merelaksasi otot anda. Dengan mengonsumsi secara teratur maka anda akan mendapatkan istirahat yang optimal pada malam hari.

2. Pisang
Kandungan yang ada dalam pisang kaya akan magnesium yang bisa mengendurkan otot anda yang tegang, serta pisang juga mengandung triptofan yang dapat memicu produksi serotonin dalam otak yang dapat membuat relaksasi pada tubuh anda dan dapat memperbaiki suasana hati sehingga anda dapat istirahat secara optimal. Konsumsilah pisang dua jam sebelum tidur.

3. Ceri
Studi penelitian Northumbria University telah membuktikan bahwa dengan mengonsumsi ceri anda dapat meningkatkan kandungan melatonin pada tubuh, serta jus ceri diyakini dapat menambah jam tidur 40 menit lebih lama dari biasanya. Kandungan melatonin yang ada dalam ceri merupakan hormon yang bisa membuat tidur anda lelap. Ceri meruapakan makanan alami yang dapat membantu mengatasi masalah anda dalam beristirahat secara optimal.

4. Buah Anggur
Buah anggur memiliki kandungan kalium dan magnesium yang tinggi, serta buah anggur juga mengandung melatonin seperti yang terkandung dalam ceri. Usahakan mengonsumsi buah anggur yang murni tanpa diproses menjadi minuman berkarbonasi.

5. Kacang almond
Kandungan kacang almond tinggi akan magnesium dan triptofan yang baik untuk merelaksasi otot serta dapat memudahkan seseorang untuk istirahat. Manfaat dari kacang almond juga dapat menstabilkan kadar gula darah pada tubuh anda.

6. Sayuran Kubis
Sayuran kubis banyak mengandung kalsium, sehingga dapat membantu mengubah asam amino di dalam otak anda menjadi zat melatonin. Sayuran kubis ini menjadi pilihan menu yang sehat pada malam hari karena rendah lemak serta mengandung magnesium dan vitamin K yang baik bagi tubuh.

7. Madu
Menurut studi penelitian, mengonsumsi madu dapat membantu penyimpanan glikogen di hati. Apabila jumlah glikogen di hati berkurang atau habis, maka tubuh dapat memproduksi hormon stres seperti adrenalin dan kortisol yang dapat mengganggu istirahat anda. Alangkah baiknya, anda bisa mengonsumsi madu sebelum istirahat dengan meminum secangkir air yang ditambahkan madu.

8. Susu hangat
Susu kaya akan akan triptofan yang bisa menghasilkan serotonin. Tingginya kalsium pada susu juga dapat membuat triptofan dalam otak menjadi melatonin. Dengan mengonsumsi segelas susu hangat sebelum tidur dapat menjadi solusi anda untuk mendapatkan istirahat yang optimal pada malam hari.

Demikian sobat fresher menu untuk istirahat optimal yang bisa anda lakukan. Salam Sehat Salam Sukses Mulia.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme