Di balik kesuksesan para pengusaha, tidak terlepas dari peran orangtua dalam menumbuhkan jiwa kewirausahaan sejak dini. Namun kebanyakan orangtua mengalami kebingungan untuk menumbuhkan dan mengembangkan jiwa bisnis pada anak, karena usia yang masih terlalu dini dan dinilai masih belum paham apa itu berwirausaha. Berikut ini akan dibahas bagaimana cara menumbuhkan jiwa kewirausahaan pada anak sejak dini.

1. Latih anak untuk memecahkan masalah secara efektif

Untuk mempersiapkan anak dalam menemukan ide bisnis nantinya, maka kemampuan memecahkan masalah harus diasah sejak dini. Hal ini dapat dilakukan ketika anak menjumpai permasalahan, bersama orangtua saling bertukar pikiran untuk mencari kemungkinan solusi, menimbang pro kontra dan menentukan pilihan yang terbaik.

2. Bantu anak belajar dari kegagalan

Suatu usaha tidak selalu berhasil. Ada kalanya suatu usaha menjumpai kendala dan mengalami kegagalan. Kegagalan ini hendaknya disikapi secara positif dan dijadikan motivasi untuk perubahan yang lebih baik lagi. Jika anak mengalami kegagalan, berilah motivasi agar tidak mengulangi kesalahan yang sama dan mengajarkan untuk belajar dari kesalahan.

3. Ajarkan kepemimpinan

Untuk menjadi seorang pengusaha, seseorang dituntut untuk berpikir kreatif. Agar anak dapat mandiri dan kreatif, ajarkan anak untuk dapat menjadi pemimpin di lingkungannya. Dorong agar anak dapat memiliki rasa tanggung jawab serta menyampaikan pendapat dan mengemukakan alasan dengan baik.

4. Ajarkan untuk berhemat dan tidak bersikap konsumtif

Tidak ada salahnya menjelaskan kepada anak bahwa untuk membiayai kehiduoan sehari-hari, orang tua harus bekerja keras sehingga sebaiknya uang itu digunakan untuk membeli hal-hal yang benar-benar dibutuhkan. Hal ini dapat menjauhka anak dari sikap konsumtif. Selain tiu, sebaiknya anak juga diajarkan untuk berhemat dengan cara menabung, sehingga kelak ketika dewasa, anak sudah terbiasa untuk dapat mengelola keuangan dengan baik.

5. Ajarkan untuk berbagi

Mengajarkan anak untuk berbagi adalah suatu hal yang penting, untuk menumbuhkan rasa empati anak kepada sesama. Bersedekah dapat menjauhkan anak dari sifat serakah dan egois. Ajarkan anak untuk menyisihkan sebagian uang saku untuk beramal.

Previous PostNext Post

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

WordPress Theme